PENGARUH ZASKIA ADYA MECCA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM INSTAGRAM MECCANISMOFFICIALSHOP TERHADAP BRAND IMAGE MECCANISM

Linggani Chandra Kirana, Ridha Titi Trijayanti, Yusnia Intan Sari

Abstract


Companies in developing their businesses have products or services that can helping build the image of the company, so it can produce a Brand Image which can be invested in the community. Nowadays, many companies choose celebrities to be the Speakpersons or Brand Ambassadors as a strategy to build Brand Image through their influence of them that can increase and attract consumers in introducing products or services. Meccanism is an online shop that uses Zaskia Adya Mecca as their Brand Ambassador. The study aims at examining whether there is an influence and how much the influence of Zaskia Adya Mecca is as Brand Ambassador on Instagram Meccanismofficialshop on the Brand Image of Meccanism. The theory used in this study are Image, Brand Image and Brand Ambassador. The research method used in this study is quantitative method. Samples were taken in this research through distributed questionnaires to 100 followers from Meccanismofficialshop with insidental sampling method. The result of this research shows that there are influences of Zaskia Adya Mecca as Brand Ambassador on Instagram Meccanismofficialshop on the Brand Image of Meccanism with contribution value by 73.8%, it means that Zaskia Adya Mecca as Brand Ambassador on Instagram Meccanismofficialshop gives very strong and positive impact on the Brand Image of Meccanism.

 

Keywords: Image, Brand Image, Brand Ambassador.


Full Text:

PDF

References


Achmad, L. (2016, Mei 24). Jadi Brand Ambassador Ternyata Nggak Gampang, Tanya Aja Isyana Sarasvati. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website:http://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/jadi-brand-ambassador-ternyata-nggak-gampang-tanya-aja-isyana-sarasvati

Akto, S. (2017, Maret 16). Foto: Gaya Stylish Zaskia Mecca Hadiri Pembukaan Cabang Meccanism. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website:https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/foto-gaya-stylish-zaskia-mecca-hadiri-pembukaan-cabang-meccanism-d5b9c6.html

Andriawan, I. (2016). Manajemen Komunikasi. Fenomena Instagram Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus mengenai Fenomena Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran di Kalangan Online Shop Bandung. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/3076

Ardianto, E. (2013). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bazzano, D. (2009, Juli 8). The Brand Ambassador Marketing Model Guide. Diakses pada Senin, 11 Oktober 2016. Diperoleh dari website: http://www.masternewmedia.org/the-brand-ambassador-marketing-model-guide/

Danaswari, D. (2015). Ilmu Komunikasi. Instagram Sebagai Media Promosi Online Shop (Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Online Shop dan Istilah-istilah dalam Online Shop). Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: https://www.academia.edu/12249764/INSTAGRAM_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI_ONLINE_SHOP

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hedynata, M. L. & Radianto, W.E.D. (2016). Manajemen Bisnis. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:1i9VeVC4Vp4J:journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/download/108/101+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id

Hikhas. (2017, Juni 3). Woow !! Zaskia Adya Mecca Mengajak Keluarga Besarnya Untuk Berbisnis. Seperti Apa?!. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: https://gozzip.id/6357/Hikhas. (2017, Juni 3). Woow !! Zaskia Adya Mecca Mengajak Keluarga Besarnya Untuk Berbisnis. Seperti Apa?!. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: https://gozzip.id/6357/

http://www.masternewmedia.org/the-brand-ambassador-marketingmodel-guide/

Isparmo, S. (2016, November 21). Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management, Building Measurement and Managing Brand Equity. Upper Sadley River, NJ Pearson Education International.

Khatri, P. (2006). Celebrity Endorsement: A Startegic Promotion Perspective. Indian Media Studies Journal Volume 1, (No. 1).

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th edition.Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Putra, R. I. (2016, Januari 29). Biografi Zaskia Adya Mecca. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: http://www.izaybiografi.com/2016/01/biografi-zaskia-adya-mecca.html

Royan, F. M. (2005). Marketing Sebritis-selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebritis dalam Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sari, D. P. & Djatikusuma, E. S. (2013). Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting Ting Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/752

Sarwono, J. (2012). Path Analysis Dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemirat, S. & Ardianto, E. (2010). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Trihendradi, C. (2013). Step By Step SPSS 20: Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi.

Uang. Yogyakarta: Kobis.

Simamora, B. (2003). Aura merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. (2003). Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Unaradjan, D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Wijanarko, P. S, & Arifin, Z. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Pengunjung Warung Kopi Kriwul, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang Pernah Melihat Iklan dan Membeli TOP Coffee). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 34(1), 1-7. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website:http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/1330/1715

Yusiana, R. & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran). Fakultas Ilmu Terapan, 3(1), 1-6. Diakses pada Selasa, 11 Juli 2017. Diperoleh dari website:https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=DsbMJR8AAAAJ&citation_for_view=DsbMJR8AAAAJ:_FxGoFyzp5QC




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â