MARKETING STRATEGY OF DODOL SINGKONG MALAYAN

Mai Yuliza, Suneva Basri

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok usaha karya Mandiri Sepakat di Kp. Melayu jorong sungai jernih Talu Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada usaha dodol ubi kayu dikenagarian Talu. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan usaha dalam pemasaran dodol ubi kayu ini adalah produksi dodol ubi kayu secara terus menerus, bahan baku mudah diperoleh dan produk tanpa menggunkan bahan pengawet. Kelemahan usaha dalam pemasarannya yaitu pengolahan dodol uni kayu masih manual, kurangnya pemanfaatan teknologi dan produk tidak tahan lama. Peluang usaha dalam pemasarannya adalah permintaan dodol ubi kayu selalu meningkat, transportasi lancar dan luasnya potensi pasar, yang menjadi ancaman bagi usaha dalam pemasaranya yaitu banyaknya jenis makanan baru, selera konsumen yang selalu berubah ubah, kemasan cemilan siap saji yang lebih menarik. Dari hasil analisi SWOT yang dilakukan , diperoleh hasil penelitian bahwa strategi yang digunakan oleh kelompok usaha karya mandiri sepakat adalah strategi Growth /pertumbuhan.
Kata kunci : Strategi Pemasran, Dodol Ubi Kayu, Analisis SWOT

References


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Soyjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.

Arikunto, S (2002), Prosedur Peneltian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineke Cipta.

Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta : Penerbit Liberty

J. Supranto, (2001). Statistic teoridanAplikasi, CetakanKedua, Jakarta :PenerbitErlangga

Hartini, S. 2012. PeranInovasi: Pemgembangan Kualitas Produkdan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Universitas Airlangga. 14 (1)

Kotler, P., Keller, Kevin Lane,. (2009). Manajemen Pemasaran II edisi duabelas. Jakarta: PT. Indeks

Kotler , Amstrong, (2008) Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Erlangga Jakarta

Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran jilid 1 Edisi 11. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.( 2009). ManajemenPemasaranJilid ,edisiKetigaBelas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta : PenerbitErlangga

Kuncoro, Mudrajat,(2003)Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Maholtra, Naresh K dkk. (1993 ), Marketing Research: An Applied Orientation, New South Wales : Prentice.

Moh Nazir. 2011. Metode Penelitian Cetakan 6. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Sahroni, Anna. 2017. Strategi Pemasaran Dodol Pulut Desa Paloh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen

Sekaran, Uma (2006) Metodologi Untuk Bisnis, Jakarta : Salemba Empat

Sugiono, (2009). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suwarsono, Muhammad. 2002. Manajemen Strategi. Yogyakarta: YKPN

Tjiptono, Fandy (2001), Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v6i3.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â