PENGARUH PRODUK, PROSES DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK KREDIT BPR SWADAYA ANAK NAGARI DENGAN FAKTOR SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Asraf Asraf

Abstract


Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia khususnya dalam meningkatkan sektor ekonomi menengah dan kecil. Namun perubahan-perubahan yang terjadi dewasa ini membuat posisi BPR berada dalam tingkat persaingan yang tinggi sehingga strategi pemasaran yang jitu diperlukan didalam memenangkan persaingan itu. Kepuasan dan loyalitas sebagai bentuk perilaku nasabah setelah keputusan memilih produk bank sangat penting untuk diperhatikan sehingga penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih dari nasabah perlu diteliti lebih seksama. Artikel ini bermaksud untuk mengungkap bagaimana pengaruh variabel produk, proses dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk kredit pada BPR Swadaya Anak Nagari serta untuk melihat apakah variabel sosial berperan sebagai moderator pada pengaruh variabel-variabel independen diatas terhadap keputusan memilih nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pada bank ini yang berjumlah 446 nasabah dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 211 nasabah. Penelitian ini berpentuk asosiatif dan pengukuran variabel dengan kuesioner melalui instrument yang dikuantifisir dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, proses, kualitas pelayanan dan variabel sosial bila ditempatkan sebagai variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk kredit pada BPR Swadaya Anak Nagari. Variabel sosial juga memberikan efek moderating pada pengaruh produk dan kualitas pelayanan namun tidak pada variabel proses. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa variabel produk, proses, kualitas pelayanan dan faktor sosial merupakan variabel-variabel penting bagi BPR Swadaya Anak Nagari untuk terus ditingkatkan agar bobot keputusan memilih nasabah terhadap produk kredit yang ditawarkan meningkat sehingga pertumbuhan bisnis perusahaan ini akan menjadi semakin baik.

Kata kunci : Keputusan memilih, produk, proses, kualitas pelayanan dan faktor sosial

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. 2000. Manajemen Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta

Assael,H. 1995. Consumer Behaviorand Marketing Action, 5thedition, SouthWestern College Publishing, Cincinatti, OH.

Baron, R.M. and Kenny, D.A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology 51(6): 1173-1182.

CERTIF, Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Mikro, Jl. Kemang Raya No. 35, Jakarta Selatan - 12730, Indonesia.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Hendri Sukotjo dan Sumanto Radiz A (2010), Analisa Marketing Mix 7P terhadap keputusan pembelian produk klinik kecantikan teta, jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol 1 No. 2 Surabaya.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaraqn. Jilid 2. Jakarta ; PT. Indeks.

Kotler, P. dan G. Amstrong (2001). Dasar-Dasar Pemasaran. Ed. 9. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip (2000), Marketing Management, The Millenium Edition, New Jersey: Prence-Hall, Inc.

Kotler, P., Keller, Kevin Lane,. (2007). Manajemen Pemasaran II edisi duabelas. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2011), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Jakarta : PT. Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat, (2003) Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Lamb, Hair, McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1. PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.

Laporan Bank Indonesia (2013), Statistik Bank Indonesia, Jakarta, www.bi.go.id

Liana, Lie (2009), Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No.2

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A (2008), Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Maholtra, Naresh K dkk. (2004), Marketing Research: An Applied Orientation, New South Wales : Prentice.

Morgan, Robert M & Hunt, ShelbyD. 1994. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketingâ€, Journal of Marketing.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

Parasuraman, A. 1997. “Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value, â€Journal of The Academy of Marketing Science, vol.25.

Parasuraman, A,V.A.Zeithami and L.L. Berry. 1988. “ A Multiple- Item Scale for Measuring Consumer Consumer Perceptions of Service Quality, â€Journal of Retailing.

Rezky Purna Satit, Huam Hon Tat, Razli Amran, Thoo Ai Chin and Sukati Inda, 2012, The Relationship Between Marketing Mix and Customer Decision Making over Travel Agent: An Empirical Study, International Journal of Academic in Business and Social Sciences, June 2012, Vol 2 No. 6, Malaysia.

Rony Ika Setiawan (2010), Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Pop Mie. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi, Vol. 2 No. 2, Blitar.

Sekaran, Uma. 2006. Research Method For Business. Salemba Empat. Jakarta.

Sefnedi (2013), pengaruh bauran pemasaran jasa pada keputusan mahasiswa memilih pascasarjana UBH Padang, e-jurnal Apresiasi Ekonomi, Sumbar.

Sepris Yonaldi (2011), Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Program Untung Beliung Britama terhadap Keputusan Nasabah memilih Tabungan Britama. Padang: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 2, Nomor 2.

Setyadharma, Adryan (2010), Uji Asumsi Klasik dengan SPSS, FE-UNS, Semarang.

Simamora, Hendry, (2003), Akutansi basis pengambil keputusan bisnis, Jakarta, Salemba Empat.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan (1989) Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Singgih Santoso, 2000, Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Soetojo (2002), Dasar-dasar Ilmu Pemasaran, Jakarta, Pt. Gramedia.

Stanton, J. William (1996), Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE

Singgih Santoso, 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Swasta, Basu dan Tani, Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Lyberty.

Schiffman G. Leon and Kanuk Laslie Lazar, 2000, Perilaku Konsumen, edisi ke tujuh, Gramedia, Jakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Sujoko (2007), Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemakaian jasa warnet, Jurnal Manajemen Pemsaran, Surabaya.

Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy (2003), Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. Chandra, Yanto. Diana, Anastasia. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi

Zeithaml, Valarie A. and Mary Jo Bitner (2000), "Services Marketing," Jakarta, Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â