PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWAMEMILIH STIE PASAMAN SIMPANG EMPAT

Erdawati Erdawati

Abstract


Perguruan Tinggi memainkan peranan penting didalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Bertolak dari peran strategisnya itu sejumlah Perguruan Tinggi seakan berlomba untuk berbenah diri agar didalam menjalankan peranannya itu berjalan sebagaimana diharapkan. Eksistensi Perguruan Tinggi khususnya yang dikelola pihak swasta sangat tergantung dengan jumlah mahasiswa yang memilih untuk kuliah di suatu perguruan tinggi. Dewasa ini sejumlah Perguruan Tinggi terlihat antusias berupaya agar menjadi pilihan calon mahasiswa baru. Motivasi, persepsi dan promosi adalah diantara faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi calon mahasiswa untuk memilih suatu Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi, promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih STIE Pasaman- Simpang Empat. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang memuat instrument pengukuran variabel penelitian yang dikuantifisir dengan skala Likert. Tehnik analisa data dengan pengujian melalui uji regresi linier berganda. Populasi adalah mahasiswa program studi manajemen pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 647 orang. Penarikan sampel dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 248 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi, persepsi dan promosi masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasis didalam memilih berkuliah di STIE Pasaman Simpang Empat. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pimpinan STIE Pasaman Simpang Empat bahwa untuk meningkatkan bobot keputusan mahasiswa didalam memilih kuliah di Perguruan Tinggi ini yang berimplikasi juga paka tingkat kepuasan dan loyalitas sebagai perilaku paska pemilihan, maka perlu peningkatan pada aspek motivasi, persepsi dan promosi.

Kata kunci : Motivasi, persepsi, promosi dan keputusan memilih.

Full Text:

PDF

References


Arikuntoro dan Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian. Edisi Revisi Catatan Ketiga Belas Jakarta:VI.DV Rineka Cipta.

Daft, Richard. (2010) Era Baru Manajemen Buku 2 Edisi 9. Diterjemahkan oleh Tita Maria Kanita, Jakarta :Penerbit Salemba Empat.

Kotler,Philip dan Keller, Kevin lane (2011). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT. Erlangga

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Malhotra, K. N. (1993) Marketing Research an Applied Orientation, Second Edition Prentice Hall International Inc. New Jersey.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar (2007). Prilaku Konsumen . Diterjemahkan oleh Zulkifli Ksip. Jakarta: Indeks Bob.

Sekaran, Uma (2006). Metodologi penelitian Untuk Bisnis. Cetakan Ketujuh. Bandung. Alfabeta.

Wahyuni, Urip 2008, pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap terhadap keputusan memilih Sepeda Motor merek Honda dikawasan Surabaya barat. Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 10 Universitas Kristen Petra




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â