PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ATAS PRODUK ROUNDAP DI SIMPANG EMPAT

M. Saleh Lubis

Abstract


meningkatkan efisiensi dan efektivitas dibidang pertanian. Produk herbisida merk Roundap merupakan salah satu produk penunjang pertanian yang telah memberikan kontribusi dibidang pertanian khususnya dalam membasmi gulma. Sejalan dengan berkembangnya modernisasi dibidang pertanian, aktivitas bisnis dibidang penyediaan sarana pertanian juga berkembang pesat dan dewasa ini tingkat persaingannya juga tergolong tinggi. Agar produk herbisida merk Roundup mampu tetap eksis dilingkungan persaingan yang ketat itu diperlukan strategi marketing yang baik. Salah satu variabel penting didalam pengembangan strategi marketing itu adalah kepuasan pelanggan. Semakin tingggi kepuasan pelanggan sangat dimungkinkan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sedangkan pelanggan yang loyal akan mampu meningkatkan penjualan dan laba. Diantara variabel penting yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah produk dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh kedua variabel ini terhadap kepuasan pelanggan produk herbisida merk Roundap di Simpang Empat. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan produk ini di Simpang Empat. Karena jumlahnya tidak diketahui maka penarikan sampel dilakukan berdasarkan teori Maholtra dengan cara mengalikan jumlah instrument penelitian dengan 5. Dari metode ini diperoleh sampel sebanyak 65 orang yang ditentukan secara insidental. Pengukuran variabel dilakukan dengan skala Likert. Dari pengolahan data diperoleh hasil produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,400 dan nilai signifikansi 0,000. Selanjutnya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,323 dan nilai signifikansi 0,001. Koefisien determinasi menunjukkan angka 0,462 atau 46,2% yang berarti kontribusi variabel produk dan harga dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan herbisida merk Roundap di Simpang Empat adalah sebesar 46,2% dan sisanya sebesar 53,8% lagi dipengaruhi variabel lainnya. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi produksen produk herbisida merk Roundap bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan perlu dilakukan peningkatan kualitas produk dan penetapan harga yang lebih sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Kata kunci : Kepuasan pelanggan, kualitas produk, harga

Full Text:

PDF

References


Assael,H. 1995. Consumer Behaviorand Marketing Action, 5thedition, SouthWestern College Publishing, Cincinatti, OH.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaraqn. Jilid 2. Jakarta ; PT. Indeks.

Kotler, P. dan G. Amstrong (2001). Dasar-Dasar Pemasaran. Ed. 9. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Morgan, Robert M & Hunt, ShelbyD. 1994. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketingâ€, Journal of Marketing.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

Parasuraman, A. 1997. “Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value, â€Journal of The Academy of Marketing Science, vol.25.

Parasuraman, A,V.A.Zeithami and L.L. Berry. 1988. “ A Multiple- Item Scalefor Measuring Consumer Consumer Perceptions of Service Quality, â€Journal of Retailing.

Sekaran, Uma. 2006. Research Method For Business. Salemba Empat. Jakarta.

Swasta, Basu dan Tani, Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Lyberty.

Supianto J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. Chandra, Yanto. Diana, Anastasia. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â