PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIHUNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG

Zeshasina Rosha

Abstract


This study aimed to identify and analyze the influence of motivation, perceptions, and attitude of students toward the decision of choosing the Bung Hatta University. The approach in this study was a case study with quantitative descriptive method. These samples included 318 people who were taken with random sampling technique cluster proportionate. Data analyzed was performed by using partial test (t-test) to determine the effect of each independent variable on the dependent variable. The result showed that: (1) motivation significantly influenced the student's decision in selecting Bung Hatta University in Padang; (2) perception significantly influenced the student's decision in selecting Bung Hatta University in Padang; (3) the attitude did not affect the decision of the students chose the Bung Hatta University in Padang.

Keywords: motivation, perception, attitude, and the election decision

Full Text:

PDF

References


Daft, Richard L. 2010. Era Baru Manajemen Buku 2 Edisi 9. Diterjemahkan oleh Tita Maria Kanita. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Engel, James F., dkk. 1995. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Budianto. Bina Aksara: Jakarta.

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I Edisi XII. Diterjemahkan oleh Bob Sabran.Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid II Edisi XII. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke-13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi Ke-13. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Erlangga: Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Indeks: Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis Buku 1 Edisi Ke-4. Diterjemahkan oleh Kwan Men Yen. Salemba Empat: Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis Buku 2 Edisi Ke-4. Diterjemahkan oleh Kwan Men Yen. Salemba Empat: Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media: Jakarta.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Gahlia Indonesia: Jakarta.

Wahyuni, Dewi Urip. 2008. “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek ‘Honda’ di Kawasan Surabaya Baratâ€. Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 10 Nomor 1, Maret 2008: 30-37. Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra. http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php? DepartmentID=MAN.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v5i1.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â