PENGARUH HALLYU, AMBASSADOR MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ATAS PRODUK REPUBLIK NATUR DI YOGYAKARTA

Ema Sukma Wardani, Awan Santosa

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the Influence of Hallyu Wave, Brand Ambassador and Brand Image on the Consumer Purchase Decision on Nature Republic Products in Yogyakarta. The researcher conducted this study to Nature Republic consumers who live in Yogyakarta by distributing questionnaires so that the total sample is 100 respondents. The analysis in this study uses multiple linear regression. The results of this study indicate that brand image is the only variable that has a positive and significant influence on consumer purchasing decisions on Nature Republic products in Yogyakarta.


References


Sunmi, S., dan Thongdee, K. The Impact of Korean Wave on the Purchase Intention of Korean Cosmeticsof Thai People in Bangkon and Chorburi Thailand. PSAKUIJIR,Vol.5 No.2(July-December 2016)

Heppiana, L., Sunarti., dan Aniesa, S.M. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave serta dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 66 No.1

Ayu, S., danSyafrizal, H.(2018).Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera.Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol. 5 No.2

Muhamad, I., Suharyono., dkk.(2014).PengaruhBrand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna LINE di Asia).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 12 No. 1 Juli 2014

Ike. V., dan Zainul, A. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati)Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 51 No. 1 Oktober 2017

Biliani., Suherman., dkk.(2018).Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador BTS dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Smartphone LG G7.Koneksi EISSN 2598 – 0785 Vol. 2, No. 2, Desember 2018, Hal 240-245.

Nadya, T.A. (2016). Pengaruh Korean Wave terhadap fanatisme kaum muda di Indonesia. Skripsi, FISIP Universitas Pasundan.

Bastian., dan Alexander, D. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 2. 2, No. 1, (2014) 1-9.

Gita, D., dan Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan online zalora.co.id

Mila, F. danS.ampurno, D.M.(2017).Pengaruh Brand Ambassador dan Hallyu Terhadap Keputusan Konsumen melakukan Brand Switching dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik di Jakarta.Jural Ekonomi, Volume 19 Nomor 3, Oktober 2017.

Wua, G.S., James, D.D.M., Djurwati, S.(2019).Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadao Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado.Jurnal EMBA, Vol. 7 No. 4 Juli 2019, Hal. 3139 – 3148.

Indah, C.S., dan Ahmad, J.(2009).Hallyu Sebagai Fenomena Transnasional.Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Riau.

Muhammad., A.U.I.(2014).Pengaruh Hallyu Dalam Pembentukan Tren Remaja (Studi Kasus pada Sone penggemar Girl Band Korea “Girls Generation†di Han-Guk Aein Community).SKRIPSI FI-Komunikasi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Nasikan., dan Begy, A.S. (2013) Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merk Nokia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Volume 2, Nomor 1, April 2013

Nesya, A. (2010).Kebudayaan Populer Korea: Hallyu dan Perkembangannya di Indonesia. FISIP-HI-UI Tidak Diterbitkan, hlm 4 dalam http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20160925-S-Nesya%20Amelita.pdf, diakses 28 Maret 2016.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â