PENGARUH PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman )

Eko Putra

Abstract


Fenomena belanja online akan semakin pesat pertumbuhannya dan menjadi pilihan bagi sebagian besar orang dikarenakan belanja melalui dunia maya dapat menghemat waktu tanpa perlu mengunjungi lokasi perbelanjaan. Masyarakat tidak perlu bersusah payah pergi keluar dari rumah, berpanas-panasan, mengalami kemacetan lalu lintas hingga mengantri untuk membayar demi membeli satu set baju keluaran terbaru merek ternama, kini obline shop memanjakan masyarakat dengan menghemat eneri meraka barang sampai ditempat tujuan hanya dengan duduk manis didepan gadget-gadget yang Anda miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh promosi melalui sosial media terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (2) pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (3) pengaruh promosi melalui sosial media dan review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Pasaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu sampling accidental dan jumlah sampel 100 responden. Penlitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen ( Y ) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen ( X) berupa promosi melalui sosial media dan review produk.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh signifikan antara promosi melalui sosial media terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (2) Ada pengaruh signifikan anatar pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (3) Ada pengaruh signifikan antara  promosi melalui sosial media dan review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman.

 

Kata kunci : Promosi sosial media, review produk, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar the Influence of Product Promotion Through Social Media Instagram Towards Purchasing Decision in Saka Bistro & Bar. Universitas Telkom, 4(1), 175–179.

Erkan, Evans ( 2016 ). Social media or shopping websites? The influence of Ewom on consumers’ Online purchase intentions. Journal of Marketing Communications.

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, B. M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Tekhnik ITS, 5(2), 6.

Jamaludin, Achmad, et al. ( 2015 ). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis ( JAB ). Vol.21, No. 1.

Peter, J. Paul dan Olson, J. C. (2000) perilaku konsumen dan strategi pemasaran ( Ed. 4. Jilid 2 ). Jakarta: Erlangga.

Ristania, Novia dan Jerry S. Justianto. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop†Snexian Melalui Facebook. Jurnal of Business Strategy and Execution, 2, 131-161.

Sangadji, Etta M dan Sopiah. ( 2013 ). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian ( Ed. pertama ). Yogyakarta: Andi.

Sugiyono, Wibowo E. ( 2010 ). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, E. (2018). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW OLEH BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 / 2015 Dan 2015 / 2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick ), 58(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â