PENGARUH GAYA HIDUP, IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI SHOPEE

Erdawati Erdawati

Abstract


Perkembangan Teknologi Digital telah melahirkan konsep e-commerce yang diikuti dengan perubahan perilaku konsumen dimana fenomena yang paling menonjol saat ini adalah perilaku belanja online. Perkembangan ini diikuti dengan berdirinya sejumlah lapak online yang salah satunya tergolong cukup menonjol adalah Shopee.  Diantara variabel yang diduga erat kaitannya dengan perilaku belanja online adalah gaya hidup, iklan dan harga. Penelitian ini  dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel ini terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee. Penelitian dilakukan terhadap 100 orang civitas akademika STIE Pasaman yang menjadi konsumen Shopee. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee dimana kontribusinya mencapai 67%. Temuan ini merekomendasikan kepada pengelola Lapak Online agar senantiasa mengikuti perkembangan gaya hidup konsumen, memaksimalkan periklanan dan penetapan harga yang lebih baik.

 

Kata kunci : Gaya hidup, iklan, harga dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha Dan Irawan (2002), Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Durianto, D, Sugiarto, & Sitinjak, T, 2004 Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Prilaku Merek Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

J. Setiadi, Nugroho, (2003). Perilaku Konsumen. PT. Kencana Prenanda Media, Jakarta.

Kotler dan Phillip. 2000 Manajemen Pemasaran, Jakarta; PT . Prenhallindo

=============. 2003 Marketing Managemen. 11 th Edition.Prentice Hall. Inc. New Jersey.

==========.== 2008 Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta. Indeks

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen pemasaran Jilid I Edisi. Ke 13 Jakarta : Erlangga

Kotler, Phillip, dan Amstrong 2012. Prinsip - prinsip pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Erlangga : Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, (2007) Metode kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

McDaniel, Lamb, Hair 2001, Pemasaran, Edisi pertama, Salemba Empat : Jakarta

Malhotra K. N. 1993, Marketing Research on Applied Orientation, Secound Edition Prentice Hall International Inc. New. Jersey

Munawar, Kholil. (2009). E-Commerce. httn://stafF.uns.ac.id.

Nugroho J. Setiadi. (2003) Prilaku Konsumen ( Konsep dan Implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran). Yogyakarta; Andi

Sekaran, Uma (2006) Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 2 Edisi 4, Jakarta

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior: buying having, and being 9th Ed New Jersey,USA: Pearson Prentice Hall.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, P. S. M., Teguh, C,. (2012) Faktor -faktor yang mempengaruhi minat beli di Online shop specialis guess JRMB, Volume 7, No.2 Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â