PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK NAGARI SYARIAH KCP SIMPANG EMPAT

Mega Usvita

Abstract


Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh religiusitas dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan menabung pada Bank Nagari Syariah KCP Simpang Empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Nagari Syarian KCP Simpang Empat dengan jumlah sampel 100 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan Accidental Sampling. Dari hasil penelitian ini didapat variabel Religiusitas (X1) dan Kepercayaan (X­­2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung (Y) pada bank Nagari Syariah KCP Simpang Empat dengan tingkat signifikannya 0,000. Besarnya pengaruh Religiusitas (X1) dan Kepercayaan (X­­2) terhadap keputusan menabung (Y) adalah 0,774 (R2= 77,4)


Full Text:

PDF

References


Armayanti, N. (2012). Gambaran Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Melalui Media Internet. (Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara). Diunduh dari http://repository.usu.ac.id.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu.

Engel, J. F. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Handono, Lisa. 2004. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan PelangganTerhadap Jasa Kontraktor CV. Anugerah Jaya Surabaya, Skripsi

J. Salusu. 2003. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Kuncoro, Mudjarat, 2007, Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, UOO STIM YKPN, Yogyakarta.

Kusmayadi, Tatang, 2007, Pengaruh Relatinship Quality terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan, STIE STAN Indonesia mandiri, Jepara.

Marhaini.2008. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univewrsitas Sumater Utara).Jurnal Manajemen Bisnis. Volume 1, No. 3 September 2008. ISSN: 1978-8339

Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (2004), “The commitment-trust theory of relationship marketing”, Journal of Marketing, Vol. 58 No. 3, pp. 20-38.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta, Salemba Empat.

Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 2008.

Sunarto. 2003. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-UST.

Uma, Sekaran. 2006. Research Methods For Business (Metode Penelitian untuk Bisnis). Edisi empat buku 1. Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i1.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: