OPTIMALISASI PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT MENGGUNAKAN ANALISIS FISHBONE (STUDI KASUS PADA RSIA X PADANG)

Intan Kamala Aisyiah, Suneva Basri Basri

Abstract


Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) X merupakan salah satu rumah sakit swasta yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan ibu dan anak di Kota Padang yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebagai unit pelayanan terdepan menjadi salah satu bagian dari rumah sakit yang memegang peranan cukup penting dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang datang ke IGD. RSIA X Padang masih menemukan kendala dalam melakukan optimalisasi pelayanan di Instalasi Gawat Darurat, diantaranya seperti pada faktor manusia, metode dan lingkungan, yang kemudian hal ini memerlukan perhatian yang cukup besar bagi pihak manajemen rumah sakit untuk menghadapi tantangan persaingan IGD, terutama IGD di masa yang akan datang. Salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi di rumah sakit yaitu dengan cara melakukan analisa terhadap proses pelayanan di IGD yang diterapkan pada RSIA X Padang. Analisa yang tepat untuk mengidentifikasi permasalahan proses pelayanan IGD di RSIA X Padang adalah Analisis Fishbone dan hasil dari penelitian ini berupa rancangan alternatif pemecahan masalah yang terprogram dengan baik, serta dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala oleh pihak manajeman RSIA X Padang.

Kata Kunci : Optimalisasi, Pelayanan, Instalasi Gawat Darurat, Analisis Fishbone.


Full Text:

PDF

References


ACEM. 2014. Emergency Department Design Guidelines. Third Section. Australian College For Emergency Medicine.

Aisyiah, Intan Kamala; Ratni Prima Lita, dan Ida Rahmah Burhan. 2019. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Proses Keputusan Pasien Naik Kelas Rawat Inap di RSU Bunda BMC Padang. Procuratio, Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 7. No. 4.

Ali, Zaidin. 2010. Dasar-Dasar Dokumentasi Keperawatan. Jakarta : EGC.

Depkes. 2006. Pedoman Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Penanggulangan Bencana. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SKII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes. 2010. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/XI/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Gaspersz, Vincent. 2007. Total Quality Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Heizer, Jay dan Barry Render. 2015. Operations Management. Jakarta: Salemba empat.

Imamoto, T; Toyofusa Tobe, Kenichi Mizoguchi, Takeshi Ueda, Tatsuo Igarashi, Haruo Ito. 2008. Perivesical Abscess Caused by Migration of a Fish Bone from The Intestinal Tract. International Journal of Urology. Vol. 9 No. 7.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Musliha. 2010. Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Etika dan Hukum Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tague, N. R, 2005. The Quality Toolbox. Wisconsin: ASQ Quality Press.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i1.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: