Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion

Fauzi Baisyir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pengaruh kesadaran merek terhadap kepercayaan merek yang pada akhirnya memberikan dampak atas loyalitas konsumen pada produk hand body lotion. Jenis penelitian adalah eksplanatori untuk menguji antar variabel yang dihipotesiskan dan membuktikan kebenarannya dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi penelitian melibatkan konsumen hand body lotion pada suatu produk tertentu di wilayah Jakarta Timur. Sampel ditetapkan 100 responden kaum wanita. Metode analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian yaitu: (1) Kesadaran Merek berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Merek; (2) Kesadaran Merek dan Kepercayaan Merek masing-masing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen; dan (3) Kesadaran Merek berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui Kepercayaan Merek yang berdampak pada Loyalitas Konsumen dengan kontribusi sebesar 12,1 persen.

References


Adylla, P. N. (2016). Pengaruh Kredibilitas Merek, Persepsi Kualitas dan Celebrity Endorsement terhadap Niat Beli pada Produk Hand Body Lotion Citra di Surabaya. Manajemen. Jakarta: Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya.

Andjarwati, A. L., & Chusniartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(2), 189-202.

Asraf. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(1), 61-72.

Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alema´n, J. L. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product & Brand Management, 14(3), 187–196.

Delgado-Ballester, E., & Munuera-Aleman, J. (2001). Brand Trust in the Context of Consumer Loyalty. European Journal of Marketing, 35(11/12), 1238-1258.

Delone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Female Daily Network. (2020). FEMALE DA!LY. Dipetik Maret 15, 2020, dari Newest Reviews: https://reviews.femaledaily.com/

Frontier Research. (2019, April). Top Brand Award. Dipetik Maret 8, 2020, dari Accordion #1: https://www.topbrand-award.com/en/2019/04/hand-body-lotion/

Gunawardane, N. R. (2015). Impact of Brand Equity towards Purchasing Desition: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka. Journal of Marketing Management, 3(1), 100-117.

Husain, T. (2017). Blog sebagai Media Interaktif untuk Memposisikan Toko Online Berdasarkan Urutan Search Engine Optimization (SEO). Teknologika, 7(2), 69-76.

Kaptein, M. C., Nass, C., & Markopoulos, P. (2010). Powerful and consistent analysis of likert-type rating scales. Dalam E. Mynatt (Penyunt.), CHI '10: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (hal. 2391–2394). Atlanta Georgia USA: SIGCHI.

Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2014). Marketing Management (14 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 1-7.

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Serta Word Of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Cbezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 1(2), 269-282.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2003). Consumer Behavior & Marketing Strategy. New York: Pearson Education International.

Putra, M. F., & Wiyadi. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Merek dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Citra Hand and Body Lotion di Surakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Quintania, M., & Sasmitha. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 20(1), 26-38.

Rahayu, S., & Harsono, M. (2018). Kepercayaan Merek dan Brand Affect Sebagai Anteseden dari Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi, XVIII(1), 16-22.

RayWhite. (2020). Percaya Diri: Pengertian, Manfaat, Tips Meningkatkan PD Anda. Dipetik Agustus 8, 2020, dari Ray White News:: https://www.raywhite.co.id/news/172050kurang-rasa-percaya-diri-dapat-menghambat-kesuksesan-anda

Reni, D. A. (2018). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Handbody Lotion Citra (Studi Pada Mahasiswa Kota Kebumen). Kebumen: STIE Putra Bangsa.

Sani, A., & Maharani, V. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner dan Analisis Data), Cetakan Ke-2. Malang: UIN MALIKI Press.

Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan (1 ed.). Sleman: Deepublish (CV Budi Utama).

Sarwono, J. (2012). Path Analysis : Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Menggunakan SPSS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. Sutopo, Penyunt.) Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Trilaksono, A. R., Husain, T., & Doharma, R. (2020). Uji Model Keberhasilan Sistem Informasi: Media Penyimpanan Google Drive. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi (JTSIA), 3(2), 57-63.

Warusman, J. D., & Untarini, N. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Anggota Komunitas Sepeda Motor Honda Vario 125cc di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(2), 35-41.

Widiyanti, W., & Retnowulan, J. (2018). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok. Jurnal Ecodemica, 2(1), 64-73.

Yanti, N. K., Rini, I. G., Damayanti, N. N., & Utami, N. M. (2020). Persepsi Masyarakat Sekitar Terhadap Corporate Social Responsibility Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana Pada The Kayon Resort Ubud. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 19(2), 108–113.

Yuliza, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Avanza di Kabupaten Pasaman Barat. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(2), 101-106.

Zailani, A. U., Husain, T., & Budiyantara, A. (2020). Analisis Simulasi Sistem Penunjang Keputusan: Model Matematis Dengan Pendekatan Goodness-of Fit Berbasis Structural Equation Model. SMARTICS Journal, 6(1), 10-16.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â