PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI ALUMUNIUM BUKITTINGGI
Abstract
Industri Alumanium Dunia Alma Bukittinggi volume penjualannya yang fluktuatif, hal ini depengaruhi oleh produk dan promosi yang tidak baik dan produk kurang berkualitas dari produk pesain sejenis. Tujuan penelitian untuk mengetahui promosi dan kualitas produk terhadap volume penjualan di Industri Alumanium Dunia Alma Bukittinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Metode analisa yang digunakan teknik actual dan akurat mengenai fakta untuk menarik kesimpulan yang logis mengenai data-data dan hasil penelitian yang akan dianalisis, metode Analisa denagn menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini adalah variabel Promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y) dan Variabel Kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y). Variabel promosi (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap volume penjualan (Y).
Â
The World Alma Bukittinggi industry has fluctuating sales volume, this is influenced by bad products and promotions and less quality products than similar designer products. The research objective was to determine the promotion and product quality on sales volume in the Alma Bukittinggi World Aluminum Industry. The data collection methods used were library research and field research. The analysis method used is actual and accurate techniques regarding facts to draw logical conclusions about the data and research results to be analyzed, the analysis method uses Multiple Linear Regression.
The results of this study are the promotion variable (X1) has a positive and significant effect on sales volume (Y) and the product quality variable (X2) has a positive and significant effect on sales volume (Y). Promotion variable (X1) and product quality (X2) have a positive and significant effect together on sales volume (Y).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Alt, E., & Craig, J. B. (2016). Selling issues with solutions: Igniting social intrapreneurship in forâ€profit organizations. Journal of Management Studies, 53(5), 794–820.
B. Amiri, S. A. H. S., Zahedi, A., Kazemi, M., Soroor, J., & Hajiaghaei-Keshteli, M. (2020). Determination of the optimal sales level of perishable goods in a two-echelon supply chain network. Computers & Industrial Engineering, 139, 106156.
C. Dixon, A. L., & Tanner Jr, J. (Jeff) F. (2012). Transforming selling: Why it is time to think differently about sales research. Journal of Personal Selling & Sales Management, 32(1), 9–13.
D. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep. Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS, 3.
E. Hanifaradiz, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifebuoy Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).
F. Hermawan, R., & Apriatni, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matik Yamaha Mio M3 125 Pada Dealer Mataram Sakti Di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 130–137.
G. Huq, S. M., Nekmahmud, M., & Aktar, M. S. (2016). Unethical practices of advertising in bangladesh: a case study on some selective products. International Journal of Economics, Finance and Management Sciences, 4(1), 10–19.
H. Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
I. Kusumowidagdo, A. (2013). Desain ritel. Gramedia Pustaka Utama.
J. Lorca, P., De Andrés, J., & Garcia-Diez, J. (2019). Impact of E-Commerce Sales on Profitability and Revenue. The Case of the Manufacturing Industry. Engineering Economics, 30(5), 544–555.
K. Manullang, I. M. (2019). Pengaruh Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Su). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 162–184.
L. Metra, Y, R, Miswardi, Dewi, A, Y, Nasfi, N. (2020). Pengaruh Emosional, Rasional Keputusan Memilih Bertransaksi Dengan Bank Muamalat. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 357–364. https://doi.org/https://doi.org/10.31846/jae.v8i3
M. Nasfi, Rahmad, S. (2020). Pengaruh Diklat Kepemimpinan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sumatera Barat. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 11–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v8i1.2025
N. Nasfi, N., Rahmad, R., & Sabri, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ekonomika Syariah: Journal of Economic Studies, 4(1), 19–38. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3146
O. Ramadonna, Y., Nasfi, N., & Aziz, Z. (2019). The Effect Of Customer Relationship Management And Customer Value On Customer Satifsfaction Of Service And Its Impact on Customer Loyality In PT. BPR Rangkiang Aur. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31869/me.v5i1.1277
P. Rosniyenti, Sabri, N. (2020). Analisis Pengaruh Merek, Harga, dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Levi’s Tailor Simpang Senggol Biaro Kab. Agam. Jurnal Ekonomi, 23(2), 97–116. https://doi.org/https://doi.org/10.47896/je.v23i2.182
Q. Simanjuntak, D. G., & Tjandrawinata, R. R. (2011). Factors Influencing Sales Revenue in the Multinational Pharmaceutical Companies. Available at SSRN 1898071.
R. Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
S. Sulistiani, D. (2013). Mencapai keunggulan bersaing dengan strategi diferensiasi. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 4(2).
T. Wibowo, F. X. S., & Bachtiart, Y. (2018). Analisa Kepuasan Konsumen terhadap Produk Katering di Ibu Djoko Catering. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(2), 253–268.
U. Yan, Y., Zhao, R., & Liu, Z. (2018). Strategic introduction of the marketplace channel under spillovers from online to offline sales. European Journal of Operational Research, 267(1), 65–77.
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â