PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGANMU MANDIRI KCP SIMPANG TIGA PASAMAN BARAT

Citra Suci Mantauv

Abstract


ABSTRAK

 

Loyalitas adalah ditujukan kepada suatu perilaku atau sifat, yang ditunjukan kepada kestiaan konsumen dan merekomendasikan produk perusahaan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas nasabah TabunganMu Bank Mandiri KCP Simpang Tiga, jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 Responden. Pengujian hipotesis yang digunakan dengan regresi berganda dengan hasil Kualitas Pelayanan berpengaruh Positif dan Signifikan dengan nilai 0.436 dan nilai signifikan sebesar 0.000 ( < 0.05). Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 0.530  dan nilai signifikan sebesar 0.000 ( < 0.05 ). Nilai koefisien Determinasi sebesar 90.4% di pengaruhi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

 

Kata Kunci  : Loyalitas Nasabah, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

 

ABSTRACT

 

Loyalty is aimed at a behavior, which is indicated by repeated purchases and recommending company products to friends or partners. This study aims to analyze how the influence of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty on Customer Loyality of Tabunganmu Bank mandiri KCP of Simpang Tiga, the number of samples in this study were 100 Respondents. Hypothesis testing used by multiple regression with the results of Service Quality has a positive and significant effect with a value of 0.436 and a significant value of  0.000 (<0.05). The Customer Satisfaction is positive and significant with a value of 0.530 and a significant value of 0.00 (<0.05). Determination coefficient value of 90.4% is influenced by the Service Quality and Customer Satisfaction, while the rest is influenced by other factors.

Keywords: Customer Loyality, Service Quality, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Undip.

Ghozali. (2014). Aplikasi analisis Multivariete dengan program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali. (2014). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Kotler, Amstrong. (2012). Prinsip prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Malhotra. (2014). basic Marketing Research. England: Pearson Education.

Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

mudrajad, K. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Sangadji, Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Teori Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â