PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dijalankan dengan tujuan untuk menganalisa pengaruh literasi ekonomi serta kontrol diri terhadap pembelian impulsif mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi UNESA angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah kajian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Data pada kajian ini didapatkan menggunakan metode wawancara, tes, serta kuesioner. Berdasarkan hasil kajian ditemukan jika literasi ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif. Selain itu ditemukan bahwa kontrol diri mempunyai pengaruh yang bersifat negatif serta signifikan terhadap pembelian impulsif mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi UNESA angkatan 2018. Hasil kajian memperlihatkan jika terdapat pengaruh secara simultan yang bersifat negatif dan signifikan antara literasi ekonomi dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi UNESA angkatan 2018 .
Kata Kunci: literasi ekonomi, kontrol diri, pembelian impulsif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, A. R., & Hartati, S. (2019). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 123. https://doi.org/10.22146/gamajop.44103
Balik, D., Abraham, F., & Tupamahu, S. (2020). Efek Moderasi Kontrol Diri pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online. Public Policy, 1(2)(2), 116–136.
BPS. (2020). Rata-rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Komoditas (rupiah) di Kota Surabaya, 2018 dan 2019. BPS Kota Surabaya. %0ARata-rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Komoditas (rupiah) di Kota Surabaya, 2018 dan 2019
Budiwati, N. (2014). ANALISIS LITERASI EKONOMI DAN PERILAKU KONSUMEN (Survey pada Guru SMA di Kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.
Diba, D. S. (2013). PERANAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN DI SAMARINDA. Psikoborneo, 1(3), 185–191.
Efendi, R., Indartono, S., & Sukidjo. (2019). The Mediation of Economic Literacy on the Effect of Self Control on Impulsive Buying Behaviour Moderated by Peers. International Journal of Economics and Financial Issues. https://doi.org/https://doi.org/10.32479/ijefi.7738
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara.
Fitrawaty, & Hasibuan, R. D. A. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Pensisikan Ekonomi Angkatan 2015 Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(7), 21–27.
Gage, N. L., & Berliner, D. C. (1984). Educational Psychology. Houghton Mifflin.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-ruzz.
Khoer, M. I. (2020). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia Per Provinsi (Issue September). Badan Pusat Statistik.
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya Yang Melakukan Pembelian Secara Online. Psikologi, 2(3), 1–8.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling, 3(2), 65–69.
Mulyono, F. (2012). Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 92–109. https://doi.org/10.26593/jab.v8i1.416.
Noneng, Supatminingsih, T., Inanna, Hasan, M., & Dinar, M. (2020). Pengaruh literasi ekonomi dan lingkungan sosial terhadap perilaku pembelian impulsif melalui online shop pada peserta didik kelas x jurusan ips di sma negeri 8 makassar. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(2), 94–104.
Nuraeni. (2015). PENGARUH LITERASI EKONOMI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta.
O’Creevy, M. F., Dibb, S., & Furnham, A. (2018). ANTECEDENTS AND CONSEQUENCES OF CHRONIC IMPULSIVE BUYING: CAN IMPULSIVE BUYING BE UNDERSTOOD AS DYSFUNCTIONAL SELFREGULATION? Wiley Online Library, 35(3). https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/mar.21078
Pratiwi, I. (2017). PENGARUH LITERASI EKONOMI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1). Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, Kontrol Diri, Perilaku Pembelian Impulsi
Rook, D. W., & Hoch, S. J. (1985). Consuming Impulses. NA-Advances in Consumer Research, 12, 23–27. https://www.acrwebsite.org/volumes/6351/
Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795
Uhaib, M. (2020). Economic Literacy Levels : A Case Study in Indonesian University. Econder International Academic Journal, 4(54189), 190–202. https://dergipark.org.tr/tr/pub/econder/issue/54189/750474
Utami, N. N. (2020). Analisis pemahaman ekonomi terhadap keputusan pembelian impulsif. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 14(2).
Wastald, W. B., Rebeck, K., & Butters, R. B. (2013). TEST OF ECONOMIC LITERACY (Fourth Edi). Council for Economic Education.
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â