PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Kuliner)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing  dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada UMKM bidang kuliner di grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragasâ€. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi merupakan anggota grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas†yang pernah melakukan transaksi pembelian dengan penjual didalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan memberikan pernyataan kepada responden secara online dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan menggunakan SPSS 22. Dari hasil penelitian ini diperoleh variabel social media marketing (X1) dan variabel keterlibatan konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel keputusan pembelian secara online (Y).
Kata Kunci: Keputusan Pembelian Secara Online, Social Media Marketing, Keterlibatan Konsumen.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alexander, Mathew, and Elina Jaakkola. 2014. “The Role Of Customer Engagement Behaviour in Value Co-Creation A Servise System Perspective.†Journal of Service Research 17(3):247–61.
Buchari, Alma. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Budi Santoso, Drs., MM. 2009. “Riset Perilaku Konsumen Studi Mengenai Perlaku Konsumen Terhadap Online Shopping .†Jurnal Perilaku Konsumen 1–2.
Fernandes, T., and F. Esteves. 2016. “Customer Engagement And Loyalty: A Comparative Study Between Service Context.†Service Marketing Quarterly 37(2):125–39.
Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States: Mc. Graw Hill.
Gusti Agung Surya Tanti, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi. 2020. “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas Dan Modal Usaha Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Milenial Di Kecamatan Buleleng.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 11(2):320–30.
Hardilawati, Wan laura. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika 10(1):89–98. doi: 10.37859/jae.v10i1.1934.
Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 14th Editi. United States Of America: Pearson.
Mahandy, Sona Rhey, and Brillyanes Sunawiri. 2018. “Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepercayan Mereek (Suvei Pada Followers Social Media Instagram @StrudelMalang).†Jurnal Administrasi Bisnis 57(2).
Neti, S. 2011. “Social Media and It’s Role In Marketing.†International Journal Of Enterprise Computing and Business Systems 1(2).
Nugroho J. Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Nurgayatri, Ade Raisa. 2016. “Pengaruh Promosi Online Pada Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira.†Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Telkom 3(1):2679–87.
Saputri, Marheni Eka. 2016. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia.†Jurnal Sosioteknologi 15(2):291–97. doi: 10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tsaanii, Adiilah Adlan A., and Lilis Ardini. 2016. “Analisis Persepsi Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Dalam Transaksi E-Commerce.†Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5(6):1–15.
Vivek. 2012. “Customer Engagement Exploring Customer Relationships Beyond Purchase.†Journal of Markeitng Theory and Practice 22(2):127–45.
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â