PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MINYAK KELAPA SAWIT (CPO) PADA PT. GERSINDO MINANG PLANTATION PASAMAN BARAT

Eko Putra

Abstract


Studi ini bertujuan mengetahui pengaruh biaya distribusi terhadap volume penjualan minyak kelapa sawit (CPO) Pada PT. Gersindo Minang Plantation Pasaman Barat, data yang digunakan data sekunder dan metode analisa yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Didalam melakukan pengolahan data digunakan analisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan Uji normalitas, Uji koefisien determinasi (R), Uji regresi sederhana dan Uji t dengan memakai Program SPPS.

Berdasarkan kepada analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa biaya distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dan kebijkasaan distribusi yang dilakukan PT. Gersindo Minang Plantation Pasaman Barat yaitu distribusi langsung, menambah armada angkutan yang digunakan untuk mengangkut produk CPO, agar produk yang dihasilkan perusahaan dapat cepat dikenal pasar konsumen dan bertambahnya barang yang didistribusikan sehingga volume penjulan dapat ditingkatkan.

Disarankan kepada pihak PT Gersindo Minang Plantation merevisi kebijkasanaan distribusi yang akan dijalankan perusahaan, agar terus meningkatkan nilai anggaran distribusi yang akan mereka keluarkan agar daerah yang menjadi tempat distribusi dapat terus ditingkatkan sehingga volume penjualan perusahaan terus mengalami peningkatan dan juga menambah jumlah kendaraan operasional yang akan digunakan untuk proses pendistri busian produk

Full Text:

PDF

References


Al Reis. 1999. Diadopsi Dalam Kotler. 2001. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Penerbit Prehalindo,

Basu Swasta, dan Irwan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.

………………………… 2005. Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty

Kurniawan, Eki. 2004. Pengaruh Harga dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan PT. Gersindo Minang Plantatoin. Padang : Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta.

Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Gujarati, Damodar N. 1997. Dasar-Dasar Ilmu Ekonometrika. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Zul, Indra. 2004. Pengaruh Harga dan Biaya Distribusi Terhadap Pemasaran Gambir di Kanagarian Mahat Kabupaten 50 Kota. Padang: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta.

Kartajaya, Hermawan. 2004. Consumers Behaviour. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kotler, Philip .2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium.Jakarta: Penerbit Prehalindo.

……………...1997. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Penerbit Prehalindo

……………...2001. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Penerbit Prehalindo.

Levy and Weizk 2001. Diadopsi dalam Kotler. 2001 Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Penerbit Prehalindo.

Netisemiti. 1999. Marketing, Cetakan ke enam. Jakarta: Ghala Indonesia.

Prahatama Raharja. 2002. Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengatar Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rhenal Kasali. 1996. Menciptakan Peluang Pasar Konsumen. Jakarta: Universitas Indonesia.

Santoso Singgih. 2001. Dasar-Dasar SPPS dan Aplikasi, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suwandi. 2000. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kewirausahaan dan Hubungannya dengan Kinerja Usaha.Yogyakarta: Disertasi Pascasarjana Unpad.

Sumarwan, Ujang. 2001. Analisis Kepuasan Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suryadi. 2005. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Pemasaran Jasa. Jakarta: Rianeka Chipta.

Weren J Keagen. 1996. Manajemen Pemasaran Global, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid Dua. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Wiliam J, Staton. 1996. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v1i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â