PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus: Bank Nagari Cabang Utama Padang)

Citra Suci Mantauv

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh faktor psikologi, nilai terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening dan merupakan studi kasus dilakukan pada Bank Nagari Cabang Utama Padang. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank Nagari Cabang Utama Padang pada akhir periode 2010 yaitu sebanyak 174.363 orang nasabah, untuk menarik sampel menggunakan metode Sampel Non Probabilitas, yaitu peluang setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel tidak sama. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 400 orang nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, didapati pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap Y dengan koefisien regresi 0,562.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap variabel Intervening dengan koefisien regresi 0,546 untuk  faktor psikologi dan 0,117 untuk faktor nilai nasabah dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel intervening terhadap Y dengan koefisien regresi 0,460.

Full Text:

PDF

References


Assael,H. 1995. Consumer Behaviorand Marketing Action, 5thedition, SouthWestern College Publishing, Cincinatti, OH.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Ferdinand. A, 2000. Structural Equation Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Supianto J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaraqn. Jilid 2. Jakarta ; PT. Indeks.

Webrook, Robert A dan Richard L, Oliver. 1981. Developmen Better Measuring of Consumer Sarisfaction : Some Preliminary Result. In Advance in Consumer Research 94-99.

Zeithami,ValerieA, 1987,“Defining and Relaying Price, Perceived Quality, and Perceived Value, â€Marketing Science,Institute,Cambridge, MA Report No.87-101.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v1i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â