PENGARUH IKLAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CREAM WAJAH POND’S PADA MAHASISWI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI YAYASAN PENDIDIKAN PASAMAN (STIE YAPPAS)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen pada cream wajah Pond’s; (2) Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian cream wajah Pond’s; (3) Pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian cream wajah Pond’s;
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausatif, dengan populasi seluruh mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPPAS yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2012. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode Convenience Sampling dan penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat L.R gay. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hipotesis diuji dengan uji F dan uji t pada = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen cream wajah Pond’s; (2) Iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian cream wajah Pond’s; (3) Sikap konsumen berpengaruh signifikan tarhadap keputusan pembelian cream wajah Pond’s.Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip dan AB Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta: Salemba empat pearson education Asia Pte. Ltd. Prentice Hall.
Mar’at. 1982. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukuran. Bandung: Ghalia Indonesia
Peter, J paul dan Jerry C Olson. 2000. Consumer Behavior. Alih bahasa: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia
Shimp, A Terence.2003. Periklanan Promosi, Aspek Tambahan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Alih bahasa: Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.
Sumarwan, Ujang. 2006. Sikapi Iklan Dengan Cerdas. www.google.com.
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ketujuh. Bandung : Alfabeta
Sumanto, 1995. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan Aplikasi Metode Kuntitatif dan Statistik dalam Penelitian. Andi offset: Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v1i1.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â