PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BENGKEL MOBIL TELAGA ADIL DI MEDAN

Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting, Ronald Ferdinand M. Sitorus

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan kualitas produk dan Harga pada Bengkel Mobil Telaga Adil Di Medan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah pelanggan sebanyak 66 responden. Sumber data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner atau angket, untuk variabel Kualitas produk 18 item pernyataan, variabel Harga 7 item pernyataan, dan variabel Loyalitas pelanggan 13 item pernyataan, pernyataan terdiri dari valid atau tidak valid, dan reliabel atau kurang reliabel. Data sekunder berupa data yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan dan Harga kepada konsumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, determinan, uji t dan uji f dengan SPSS versi 24.0. Tingkat signifikan kualitas produk 0,000 < 0,05, Harga 0,330 > 0,05, dengan nilai Sig < 0,05. Dari uji determinasi diketahui bahwa persentasi pengaruh variabel kualitas produk dan Harga terhadap variabel Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 0,936 atau 93,6%, sedangkan sisanya 6,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan.

 

Abstract

 

This study aims to determine and show that product quality and price at the Telaga Adil Car Workshop in Medan have a significant effect on customer loyalty. The methodology used is the customer as many as 66 respondents. Primary data sources were obtained by using questionnaires or questionnaires, for the product quality variable 18 statement items, the price variable 7 statement items, and the customer loyalty variable 13 statement items, the statement consisted of valid or invalid, and reliable or less reliable. Secondary data in the form of data relating to the products offered and prices to consumers. Data analysis used in this research is multiple linear regression test, classical assumption test, determinant, t test and f test with SPSS version 24.0. Significant level of product quality 0.000 <0.05, price 0.330> 0.05, with a Sig value <0.05. From the determination test, it is known that the percentage of the influence of product quality and price variables on the customer loyalty variable is 0.936 or 93.6%, while the remaining 6.4% is influenced by other variables.

 

Keywords: Product Quality, Price, Customer Loyalty.

 


References


Daftar Pustaka

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Armstrong, K. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. Pearson Education, Inc.

Dr. Rahmawati, SE., M. (2016). Manajemen Pemasaran (Fitriastuti Triana Kiswanto (ed.)). Mulawarman University PRESS. https://feb.unmul.ac.id/uploads1manajemen/files/Buku-Rahmawati-Manajemen-Pemasaran.pdf

Fandy Tjiptono. (2010). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Andi. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/3/1

Hawkins, D. (2013). Consumer Behavior : Building Marketing Strategy (12th Editi). Mcgraw Hill Higher Education.

Husna, N., Puttri, D., Desiyanti, R., Manajemen, J., Akuntansi, D., Universitas, E., Hatta, B., Bagindo, J., Chan, A., Pacah, A., & Barat, S. (2017). ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG CAFE KOPERASI KELUARGA BESAR (KKB) UNIVERSITAS BUNG HATTA. In Jurnal Apresiasi Ekonomi (Vol. 5, Issue 3). https://stiepasaman.ac.id/ojsapresiasiekonomi/index.php/apresiasiekonomi/article/view/135

Imam Ghozali, S. H. (2010). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis - Google Books. USU Press. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_untuk_Riset_Manajemen_dan/ZjUWxHJWO4AC?hl=en&gbpv=1&dq=Ghozali,+Imam.+2006.+Aplikasi+Analisis+Multivariate+Dengan+Program+SPSS.&pg=PA11&printsec=frontcover

Ir. Agustina Shinta, M. P. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UB Press). http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/157/1/Manajemen-Pemasaran-Agustina-Shinta.pdf

Kotabe, Masaaki & Helsen, K. (2010). Global Marketing Management (5th Editio). Wiley.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Education,Inc.

Kotler, P. dan G. A. (2014). Principle Of Marketing (15th editi). Pearson Pretice Hall. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/13662-26292-1-PB.pdf

Mullins, John W dan Walker Jr, O. C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach (8th Editio). McGraw-Hill International Edition.

Putra, M., & Ekawati, N. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 255365.

Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96.

Sugiyono, L. A. (2020). PENGANTAR METODE PENELITIAN MANAJEMEN - Google Books (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_METODE_PENELITIAN_MANAJEMEN/SSQZEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Sugiyono.+2013.+Metode+Penelitian+Bisnis&pg=PA86&printsec=frontcover

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Alfabeta.

Tampubulon, J., Sembiring, A. C., & Kelvin. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Mempertimbangkan Faktor Kualitas Layanan Dan Harga Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Titan Ban. Jurnal PRIMA (Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima), 2(1), 22–28.

Winarno, S. H., Givan, B., & Yudhistira, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 Ooredoo. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 1–7. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i2.9




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i1.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â