TINJAUAN PERAN MODERASI JENIS KELAMIN ATAS PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agarwal, S., Amromin, G., Ben-David, I., Chomsisengphet, S., & Evanoff, D. D. (2012). Financial Literacy and Financial Planning: Evidence from India. SSRN Electronic Journal, 1–45. https://doi.org/10.2139/ssrn.1728831
Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo, 6(2), 273–279.
Andani, T. F. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis …. repository.umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16892
Astuti, R. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3(2), 49–58. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/download/36/36
Diba, D. S. (2013). Peranan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Samarinda. Psikoberneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(55), 185–191. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3330/2260
Fardesi, M. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Santri Ditinjau dalam Perspektif Religiusitas (Studi Pada Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh). UIN AR-RANIRY. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16218/
Goor, D., Ordabayeva, N., Keinan, A., & Crener, S. (2018). The Impostor Syndrome From Luxury Consumption. Association For Consumer Research, 11, 215–216. http://www.acrwebsite.org/volumes/1700209/volumes/v11e/E-11
Hurbania, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Iinstagram, Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 TANJUNG BUMI [STKIP PGRI Bangkalan]. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1181
Ismayanti. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru]. https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/download/915/536
Isnawati, E., & Kurniawan, R. Y. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/18396
Kanserina, D. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/5213
Kiki, A., & Retno, D. (2020). Consumptive Behavior of Fashion Products Based on Gender in Students At the University Muhammadiyah Purwokerto. Book Chapter, 2007. http://digital.library.ump.ac.id/id/eprint/953
Kusniawati, M., & Kurniawan, R. Y. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X Ips Di SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–9.
Lestary, R. M. I. (2021). Perilaku Konsumtif Ditinjau Dri Jenis Kelamin dan Tingkat Ekonomi Orang Tua Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17067/1/Retno Meta Inda Lestary%2C 160901055%2C FIP%2C IP%2C 082231772141.pdf
Mulyani, R., Thomas, P., & Widiyanto. (2018). The Influence of Student Consumption , Social Status of Family , The Economic Parent Status , and The Economic Education of Family to Consumption Behavior. Journal of Economic Education, 7(81), 24–30.
Mutrofin. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kontrol Diri dan Respon pada Iklan Terhadap Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 56–62.
Nurachma, A., & Arief, S. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 489–500.
Nurul Lailiya, S. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Rumah Tangga dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1–9.
Okky Dikria, & W, S. U. M. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. The Effect of Financial Literacy and Self-Control On, 09(2), 128–139. https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p128
Pergiwati, G. E. (2016). Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dengan Status Sosial Ekonomi ke Bawah di Universitas Mulawarman (pp. 494–506).
Prasetyaningsih, R. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Jenis Kelamin dan Jurusan Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Putri, A. P. (2017). Perbedaan Perilaku Konsumtif Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Status Sertifikasi dan Jenis Kelamin di Kementerian Agama Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/6018/1/12410127.pdf
Rabbani, M. N. (2014). Pola Konsumsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri yang Bekerja di Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.
Risnawati, R., W, S. U. M., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian …, 3(4). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10732
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223
Solihat, N. A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141–152.
Sutriati, Kortikowati, S., & Riadi, R. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Jom Fkip, 5(1), 1–10.
Tama, R. T. (2014). Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikaan Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Triana, L., & Martono, N. (2021). The Relationship between Social Status a nd Students’ Consumptive Behaviour. 5(148), 58–77. https://doi.org/10.26740/jsm.v5n1.p58-77
Wahyuni, R., Irfani, H., & Syahrina, I. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.
Walstad, W. B., Rebeck, K., & Butters, R. B. (2013). Test of economic literacy: Examiner’s Manual. In The Clearing House. http://www.jstor.org.ezproxy.library.wisc.edu/stable/30186800
Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., & ... (2017). Analisis faktor tingkat kecemasan, motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. … Pendidikan Ke-Sd …. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1581
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506
Yasmin, F., Kouser, R., e Hassan, I., & Ahmad, W. (2014). Determinants of economic literacy at university level: A case of Pakistan. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), 8(3), 914–924.
Yuliany, N., & Rahmatia, R. (2020). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Jenis Kelamin Terhadap Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.35906/jep01.v6i1.464
Yuniarti, Sri, V. (2015). Consumer Behavior Theory and Practice. Pustaka Setia.
Zahra, D. R., & Anoraga, P. (2021). The Influence of Lifestyle, Financial Literacy, and Social Demographics on Consumptive Behavior. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1033–1041. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1033
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i2.466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â