ANALISA SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BIBIT JAGUNG MERK PIONEER (STUDI KASUS MELALUI UD. SARANA TANI)

Elondri Elondri, Roza Gustika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana penjualan bibit jagung merek pioneer dilakukan dengan analisa Segmentasi, Targeting dan positioning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif,  dimana  pengambilan  sampel  berdasarkan  data  primer  dan  sekunder  yang  diolah dengan matriks daya tarik industry (MDTI) dan indeks sikap konsumen. Data yang diperoleh diolah untuk mengetahui segmentasi, kemudian dipilih target dan dilakukan positioning. Dalam penelitian ini diketahui bahwa dari sekian banyak segmentasi, segmentasi yang dipakai hanya berdasarkan topografi dataran suatu daerah, kemudian ditentukan target yaitu segmen dataran rendah dan dataran sedang, kemudian positioning yang paling tinggi terdapat pada P23. Dari hasil  perolehan  ini  disimpulkan  bahwa  analisa  segmentasi,  targeting dan  positioning dapat dijadikan dasar untuk pembuatan strategi bagi perusahaan untuk mengisi aspek pasar secara maksimal. Dimana selama ini Usaha Dagang (UD) Sarana Tani melakukan penjualan biasa dengan promosi yang tidak menekankan berdasarkan segmentasi, targeting dan positioning.

Full Text:

PDF

References


Hasan Ali (2009) Marketing Penyunting: A22a Grafik Edisi baru Yogyakarta, PT. BUKU KITA

Kotler, Philip, Armstrong, Gary (2001).

Prinsip-prinsip pemasaran, edition 8. Penerbit Eirlangga

Kotler, Philip, Armstrong, Gary (2006).

Prinsip-prinsip Pemasaran, edition 12. Penerbit Eirlangga, copright

Muhammad Suwarsono. 2004. Manajemen

Strategic, edition 3. Penerbit Akademi

Manajemen Perusahaan YKPN Philip Kotler, Kevin Lane Keller (2009)

Marketing Management. Rev.ed.PT.

Macana Jaya Cemerlang

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Bisnis. Bandung: Alfabeta Suryana Agus. (2007). Strategi Pemasaran. Jakarta : Edsa Mahkota

Suyanto (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Sofjan Assuari. (2009). Manajemen

Pemasaran, Edisi 1-9-Jakarta : Rajawali

Sari, juni (2011) Analisa Segmentasi, Targeting

dan Positioning ( STP ) Dalam

Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor

Merek Yamaha pada CV.SM.MOTOR Kecamatan Sungai Aua Kabupaten Pasaman Barat

Website: http/ business- management/marketing/1911824-teori- segmenting-targeting-dan-positioning




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v1i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â