ANALISIS PENGARUH MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Teresia Perpetua Kota, Sri Yani Kusumastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko dan kualitas layanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking dengan Technology Acceptance Model (TAM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden di seluruh Indonesia yang menggunakan layanan mobile banking. Sampel yang diambil sebanyak 285 responden dengan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu amos.24 dan menggunakan program IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat nasabah dalam menggunakan mobile banking. Risiko berpengaruh negatif terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking. Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking.

 

Kata-kata kunci: Persepsi manfaat, persepsi kemudahan, risiko, kualitas layanan dan minat nasabah


Full Text:

PDF

References


Abi Fadlan, R. Y. D. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Uniersitas Brawijaya), J. Adm. Bisnis, vol. 62, no. 1, hal. 82–89

Anggraeni, Munif. 2020. Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking. Manajemen dan Ekonomi Islam, Repositori Perpus, IAIN Salatiga.

Anwar, Michfatkul. 2018. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kepercayaan dan Resiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking. Skripsi. Salatiga: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Arthana, Yudhi W. R dan Novi Rukhviyanti. 2015. Pengaruh Minat Individu terhadap Penggunaan Mobile banking (M-Banking):Model kombinasi technology Acceptence Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). (Jurnal Informasi. Volume VII No.1/ Februari/ 2015)

Ahmad dan Bambang Setiyo Pambudi. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulan Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, Vol.8, No.1.

Amalia, Rizky. 2009. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pengguna Mobile banking Di Yogyakarta, Skripsi Sarjana Strata I, tidak diterbitkan, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII

Amijaya, Risky. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Bastian Amanullah, 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking (Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang), Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Bella, Hannum Sansa. 2014. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kepercayaan Dan Computer Self Efficacy Terhadap Niatan Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dwimastia. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Fandi, Achmad. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2 (3): 110-117.

Fitrianisa, Rozza, S., & Masjono, A. 2020. Peran Public Relations, Kepercayaan,Dan Persepsi Kemudahan Dalam Mendorong Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pengguna Mobile Banking BNI Syariah di KotaDepok). Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 7(1), 1259–1268.

Hikmatul Wasilah. 2006. Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah Cabang Mataram,” Skripsi. FakultasEkonomiUIN Mataram.

Istiarni, Panggih RW. 2014. Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Interening. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang

Ledesman, Mario. 2018. Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Kasus BSM Cabang Bandar Jaya). Skripsi. Lampung: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Raden Intan.

Maharsi, Sri dan Fenny. 2006. Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Mobile banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 8 (1), 35-51

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. 2020. Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1),87–104.

Nofitasari, Dian L. 2017. Analisis Pengaruh Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Resiko Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Surakarta.

Riani, A. F. 2018. Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Journal of Islamic Managementand Bussines, 2(2), 99–111.

Wardhana, A. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia (Effect of Mobile Banking (M-Banking) Serice Quality on Customer Satisfaction in Indonesia), DeReMa (Deelopment Res. Manag. J. Manaj., ol. 10, no. 2, pp. 273–284.

Wibowo, Arief. 2006. Kajian tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), Skripsi. Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Wibiadila, Ikbar. 2016. Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan mobile Banking (Survei pada Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Solo). Skripsi. Solo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widyarini, A Lydia. 2005. Analisis Niat Perilaku Menggunakan Internet Banking di Kalangan Pengguna Internet di Surabaya”. Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi. Vol 5 No. 1 April 2005 : 101-103.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: