PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOTA PADANG DENGAN DIFFERENTIATION STRATEGY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang, 2) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap differentation strategy terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang, 3) Pengaruh differentiation strategy terhadap kinerja pemasaran, 4) Pengaruh differentiation strategy berperan sebagai variabel intervening antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran IKM Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh IKM Kerupuk kulit, keripik balado dan keripik peyek yang berada di kota Padang pada tahun 2010 – 2012 yang berjumlah 184 industri. Untuk pengambilan sampel digunakan metode proportional cluster random sampling yaitu penarikan sampel secara acak berdasarkan klaster dan proporsional yang didapat sampel sebanyak 126 sampel. Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang. 2) Orientasi kewirausahaaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap differentiation strategy IKM Kota Padang. 3) Differentiation Strategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. 4) Differentiation berpengaruh positif dan signifikan sebagai variabel intervening antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran.
Â
Kata Kunci : Kinerja pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Differentiation StrategyFull Text:
PDFReferences
Ferdinand, Augusty T. 2000. Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik. Research Paper Series – Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.
Gosselin Maurice, (2005).An Empirical Study of Performance Measurement in Manufacturing Firm, International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 54 No.5/6.pp.419-437
Porter, M.E. 1998. Competitive Advantage: Creating and sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
Rochaety, Tresnati dan Latief, 2007. Metode Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Jakarta. Mitra Wacana Media
Robbins Stephen P. 2002. Perilaku Organisasi. Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sekaran, Umar. (2006). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Buku 1 dan 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Voss GB dan Voss ZG, 2000, “Strategic Orientation and Firm Performance in an Artistic Environmentâ€, Journal of Marketing, Vol. 64, p. 67-83.
Weerawardena, Jay. (2003). “Exploring The Role of Market Learning Capability in Competitive Strategyâ€. European Journal of Marketing . Vol.37,p.407-429.
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i1.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:
     Â