THE INFLUENCE OF PRICE PERCEPTION, PROMOTION, AND ONLINE CUSTOMER REVIEW ON CONSUMER BUYING INTEREST IN LAZADA E COMMERCE IN PADANG UTARA DISTRICT

Maria Magdalena, Zusmawati Zusmawati, Jeki Algusri, Jhon Fernos, Fakhrur Rozi

Abstract


ABSTRACT

This study has a problem formulation, namely whether price perception affects consumer buying interest in Lazada e-commerce and whether promotion affects consumer buying interest in Lazada e-commerce and whether online customer reviews affect consumer buying interest in Lazada e-commerce. And this study aims to determine whether price perceptions, promotions, and online customer reviews have an effect on consumer buying interest in Lazada e-commerce. The research method used is the Explanatory Research method. The sample obtained is 80 respondents. Data analysis used multiple linear regression analysis, classical assumption test, and hypothesis testing. The results showed that the price perception variable partially had a positive and significant effect on consumer buying interest in Lazada e-commerce. While the promotion variable partially has a positive and significant effect on consumer buying interest in Lazada e-commerce. And the online customer review variable partially has a positive and significant effect on consumer buying interest in Lazada e-commerce.

Keywords: Buying Interest, Price Perception, Promotion, Online Customer Review


Full Text:

PDF

References


Alma. 2007. “Konsumen Terhadap Promosi Yang Telah Dilakukan Merupakan Kuantitas Promosi. Tujuan Promosi Itu Adalah Sebagai Berikut Menurut Alma (2007:188).†Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi 5(1): 44–49.

Althaf Revi Kanitra. 2018. Online Costomer Review Berpengaruh Terhadap Minat Beli.

Elwalda & Ali, 2016). 2016. “Online Costumer Review Merupakan Informasi Yang Ditulis Dan Dibuat Oleh Pengguna Berupa Postingan Secara Pribadi (Elwalda & Ali, 2016).†Jurnal dari Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 9(2): 173.

Filleri. 2014. “ Online Customer Review Yaitu Salah Satu Bentuk Word of Mouth Communication Dari Penjualan Online.†3(May): 124–31.

Fuadah, Zakiyatul. 2021. “Zakiyatul Fuadah (2021) Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli Online.†19(1): 1–7.

Goode, Cockril &. 2010. “Cockril & Goode (2010:368) Persepsi Harga Sangat Berpengaruh Terhadap Reaksi Konsumen Pada Harga Sehingga Konsumen Tersebut Memiliki Minat Untuk Melakukan Pembelian. Belanja Online pada ecommerce Lazada.†Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis 2(2): 156–63.

Idris, Widhiani &. 2018. “Widhiani & Idris (2018) Promosi Berpengaruh Positif Terhadap Minat Beli.†Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran: 57–63.

Kotler, Philip, and Gerry Armstrong. 2013. Harga Adalah Banyak Nya Uang Yang Ditetapkan Atau Nilai Uang Yang Akan Ditukarkan Untuk Suatu Produk Atau Jasa Atas Kemanfaatan Yang Diperoleh Dari Konsumen Yang Menggunakan (Kotler, Philip & Amstrong,.

Lackermair. 2013. “Empat Indicator Dari Online Review Menurut Lackermair,.†: 1–48.

Mudambi dan Schuff. 2010. “Online Costumer Review Didefinisikan Sebagai Informasi Evaluatif Yang Dihasilkan Oleh Pelanggan Dan Diposting Di Situs Web Perusahaan Atau Pihak Ketiga (Mudambi Dan Schuff, 2010).†DIponegoro journal of management 9(3): 1-9. ISSN Online : 2337-3792.

Mo, Li, Fan. 2015. “Online Customer Review Informasi Dari Evaluasi Produk Dan Layanan Yang Diletakkan Pada Situs Pihak Ketiga Dan Pengecer Yang Dibuat Oleh Konsumen (Mo, Li, Fan, 2015).†Skripsi 19.

Park, Lee dan Han. 2017. “Literature Review of Word of Mouth and Electronic Word of Mouth.†(july).

Sugiyono, Prof Dr. 2019. “Komunikasi Persuasi Yang Dibuat Untuk Menginformasikan Kepada Pelanggan Mengenai Produk Ataupun Jasa Dan Untuk Memengaruhi Agar Mereka Membeli Barang Atau Jasa Tersebut Yang Mencakup Publisitas, dikatakan Dengan sebuah Promosi.â€

Sunyoto. 2014. Konsep Dasar dari Riset Pemasaran Dan Perilaku dari Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Yaylc dan Bayram, 2012. “Mengurangi Risiko Terkait Kualitas Produk Dan Kebenaran Penjual Terhadap Minat Beli Di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017).†BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 9(2): 253.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v11i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â