Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator

Asraf Asraf

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen dalam memutuskan menyimpan dana di Bank Muamalat Cabang Pasaman barat dan melihat pula apakah religiusitas nasabah berperan sebagai variabel moderator. Penelitian dilakukan terhadap nasabah penyimpan dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 275 orang nasabah yang mengisi dengan lengkap seluruh item kuesioner yang ada. Tehnik pengukuran variabel penelitian dengan mengkuantifisir dengan skala likert. Hasil pengujian dengan Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat Pasaman Barat dengan koefisien sebesar 0,499 dan nilai signifikansi 0,000. Religiusitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat  dengan koefisien sebesar 0,339 dan nilai signifikansi 0,000.  Variabel Religiusitas memberikan peran moderasi dengan memperkuat pengaruh produk terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat Indonesia Pasaman Barat karena interaksi variabel bebas dengan variabel moderator signifikan terhadap keputusan penilihan (0,007), dan nilai koefisien determinasi dari interaksi sebesar 0,766  lebih besar dari nilai koefisien determinasi variabel kualitas produk yang diuji tanpa mengikutkan peran moderator yaitu sebesar 0,743.

 

Kata kunci : Kualitas Produk, Religiusitas, Keputusan Pemilihan

Full Text:

PDF PDF

References


Aisyah, Muniaty, 2007, Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Indofood, Etikonomi, Vol. 6 No. 2, Jakarta.

Assauri, Sofjan.2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Abdelghani Echchabi dan Hassanuddeen Abd Aziz (2012), The Relationship Between Religiousity and Customer Adption of Islamic

Banking Services in Marocco. Oman: Arabian Journal of Business & Management Review, Vol. 1, No. 9.

Baron, Reuben M and Kenny, David A (1986), The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations, Journal of Pe~nality and Social Psychology Copyright 1986 by the American Psychological Association, Vol. 51, No. 6.

Benda, (1997), Personal Religiousity and drug use and other legal acts, Oxford, Journal of Low and Sociaty

Bennett, George. 1996. Relationship Formation and Governance in Consumer Markets: Transactional Analysis Versus The Behaviorist Approach. Journal of Marketing Management 12 (5): 417-436.

Dewi Sartika, Ali Mubarak, Indari Larasati (2011), Hubungan antara Religius Commitment dengan Keputusan menggunakan Jasa Bank Syariah pada Dosen Unisba. Bandung: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Humaniora.

Engel, J.F, Blacwell, R.D, Miniard, P.W. 1994. Perilaku Konsumen Edisi keenam jilid II terjemahan oleh Budijayanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Hafrizal Okta Ade Putra (2012), Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL di Kota Padang. Padang : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 1.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaraqn. Jilid 2. Jakarta ; PT. Indeks.

Kotler, Philip 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management : The Millenium edition. Engelwoods Cliffs, New Jersey : Prentice-Hall Inc

Kotler, Philip & Garry Amstrong. 1996, Dasar-Dasar Pemasaran (Principles of Marketing, Prentice Hall Inc. Khoe Yaou Tung,1997, “Relationship Marketing Strategi Kemampulabaan jangka panjang,â€Usahawan. No.03Th.XXV,Maret,1997.

Kotler, P. dan G. Amstrong (1997). Analysis, Planning, Implementation and Control. Ninth Edition, Prentice. Hall International Inc, New Jersey.

Kotler, P. dan G. Amstrong (2001). Dasar-Dasar Pemasaran. Ed. 9. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. dan G. Amstrong (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan Jilid I. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jakarta. Erlangga.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

Malhotra, N.K, 2004, Marketing Research: An Applied Orientation, New Jersey, Pearson Education.

Mital, Vikas, William T.Ross and Patrick M.Baldasare. 1998. “The Asymetric Impact of Negative and Positive AttributeLevel Performance on Overall Satisfaction and Repurchase Intentions,†Journal of Marketing, vol. 62.

Mokhlis, Safiek (2006), Religious Contrasts in Consumer Shopping Styles: A Factor Analytic Comparison. Journal of Business Studies Quarterly 2010, Vol. 2, No. 1, pp. 52-64.

Nasruddin Razak (1996), Dinul Islam, Penerbit Al Ma’arif, Bandung.

Nazir, Moh, (2011). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Payne, Adrian (2000), Service Marketing, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Pena, Milgros & Lisa M. Prehil (1998), Latina Religious Practice, Journal for the Scientific Study of Religion. 620-635

Oliver,RL,1999,“A Cognitive Model of The Antecedents and Consequences of Satisfactions Decisions,†Journal of Marketing Research,vol.17,No.4, November,p.460-469.

Oliver, dkk. 2007. Consumen Behavior, An Asia Pasific Approach, Nelson Australia Pty Limited, Australia.

Parasuraman, A. 1997. “Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value, â€Journal of The Academy of Marketing Science, vol.25.

Rezky, Satit Purna, Huam Hon Tat, Razli Amran, Thoo Ai Chin and Sukati Inda, 2012, The Relationship Between Marketing Mix and Customer Decision Making over Travel Agent: An Empirical Study, International Journal of Academic in Business and Social Sciences, June 2012, Vol 2 No. 6, Malaysia.

Rony Ika Setiawan (2010), Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Pop Mie. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi, Vol. 2 No. 2, Blitar.

Sekaran, 2003, Research Method For Bussiness: A Skill Bulding Approach. New York: John Wiley & Son.Inc.

Sekaran, Uma. 2006. Research Method For Business. Salemba Empat. Jakarta.

Simamora, B. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, M., & Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.

Swasta, Basu dan Tani, Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Lyberty.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. Chandra, Yanto. Diana, Anastasia. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â