PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CITRA SWALAYAN DENGAN VARIABEL INTERVENING SERVICE QUALITY

Eko Putra

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana harga mempengaruhi kepuasan konsumen dan melihat pula apakah service quality berperan sebagai variabel intervening.Dari hasil penelitian ini didapatkan variabelharga (x) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (y) dimanakoefisienregresinyaadalah 0,423 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Namun, nilai koefisien regresi variabel harga(X) tersebut mengalami penurunan dari 0,423 menjadi 0,289. Variabel service quality (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen(Y) dengannilaikoefisienregresiadalah 0,289dantingkatsignifikannyasebesar 0,000. Besarnya pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah 0,376 (R2=37.6). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel harga terhadap kepuasan kerja  (Y) dengan adanya variabel intervening (service quality) sebesar17.1% atau dari 37.6% menjadi 54.7%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel service quality (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel harga(X) terhadapkepuasan konsumen (Y).

 

Kata Kunci : Harga, Kepuasan Konsumen, Service Quality

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002 . Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan P raktek, Edisi revisi V, Cet ke-12, Rineka Cipta, Jakarta.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51, 1173-1182.

Gay.L.R. and Diehl.P.L. 1996. Research Methods for Business and Managements.Macmillah

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1&2. PT. Prenhalindo. Jakarta

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dn R&D Alfabeta: Bandung




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â