THE INFLUENCE OF PRICE, PRODUCT QUALITY AND PROMOTION ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS A CONNECTION VARIABLE IN CUSTOMER HYPERMART CYBERPARK KARAWACI, TANGERANG, BANTEN

Dennis Vidina Natawijaya, Widi Dewi Ruspitasari, Yunus Handoko

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of price, product quality, and promotion on customer loyalty mediated by customer satisfaction. The research population is Hypermart Cyberpark Karawaci customers with a sample of 100 respondents using an accidental sampling technique. The analysis technique uses Partial Least Square (PLS). The test instruments used are validity and reliability test, outer model construction test, R-Square Inner Model, Q-Square and GoF test, and bootstrapping hypothesis test, the results show that price has an effect on customer loyalty, product quality and promotions have no effect on customer loyalty, price and promotion have no effect on customer satisfaction, product quality has an effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty, price, product quality, and promotion have no effect on customer loyalty through customer satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Althazia, D., & Aziz, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Price dan Promotion Terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk You Transmart Padang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(2).

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. PT. Grafindo Persada.

Azazi, L., Arifin, R., & Hufron, H. (2019). Pengaruh Promotion Penjualan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Konsumen Kedai Pesenkopi Jl. Sunan Kalijaga No. 8, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.). E-Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, Malang, 8(17).

Bali, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Price Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akutansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1).

Brata, Wirya, I., Krisna, L. (2018). Pengaruh partisipasi penganggaran dan komitmen organisasi terhadap senjangan anggaran dengan ketidakpastian lingkungan sebagai variable moderasi. ISSN: 2302- 8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(2).

Gary, A., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (Sindoro Alexander & B. Molan, Eds.; Vol. 1). Prenhalindo.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan

Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. SemarangHarnanto.

Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. Yogyakarta: BPFE.

Hasan, A. (2013). Marketing (1st ed.). Media Pressdindo.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vols. 1 & 2). PT. Indeks.

Krisdayanto, I., Haryono, A., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Price, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Kuswandi, D., & Nuryanto Guyub. (2021). Pengaruh Price, Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(10).

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.

Murti, C. (2020). Pengaruh Price Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1).

Oktaviani, P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Price Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Geprek Bensu Palembang. Http://Repository.Radenfatah.Ac.Id/8592.

Olivia, G., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada konsumen Maybelline di Semarang). Https://Eprints2.Undip.Ac.Id/Id/Eprint/8186/.

Priansa, D. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Alfabeta.

Priansa, & Wibowo. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran (Vol. 1). Alfabeta, cv.

Rahin, R. (2017). Pengaruh Bauran Promotion Terhadap Keputusan Pembelian. EJournal Administrasi Bisnis, 5(1).

Rosyihuddin, M. (2020). Kualitas Produk, Price Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia Di Kabupaten Gresik. Jurnal Manajerial Universitas Muhammadiyah Gresik, 7(1).

Stanton, & William, J. (2012). Prinsip Pemasran (Lamarto Yohanes, Ed.). Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, cv.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, cv.

Sunyoto, & Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) (Vol. 1). CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemsaran. IN MEDIA.

Tamon, G., Mandey, S., & Wenas, R. (2019). Strategi Promotion, Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota di Manado. Jurnal EMBA, 7(1).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi.

Tyas, M., Rachma, R., & Khoirul, K. (2022). Pengaruh Promotion Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pesenkopi Dinoyo Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, Malang, 11(2).

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali.

Wibowo, A. (2019). Pengaruh Price Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Malang. Http://Eprintslib.Ummgl.Ac.Id/1159.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v11i2.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: