PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS SISWA SMP IT PASAMAN BARAT

Yurasti Yurasti

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Nilai Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat melalui kepuasan siswa sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP IT Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 173 orang  siswa dan semuanya terisi lengkap. Tehnik  pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan skala likert. Hasil pengujian dengan regresi sederhana dan regresi bertingkat menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa dan kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan pula terhadap loyalitas. Nilai pelanggan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat. Pengujian variabel kepuasan siswa sebagai intervening menunjukkan bahwa variabel ini berperan sebagai intervening parsial. Temuan diatas menunjukkan bahwa nilai pelanggan atau manfaat yang diperoleh siswa SMP IT Pasaman Barat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas siswa sementara itu meski kepuasan siswa memediasi pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas, namun  demikian pengaruh secara langsung tetap signifikan.

 

Kata kunci : Loyalitas, Kepuasan, Nilai Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Assael,H. 1995. Consumer Behaviorand Marketing Action, 5thedition, SouthWestern College Publishing, Cincinatti, OH.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bennett, George. 1996. Relationship Formation and Governance in Consumer Markets: Transactional Analysis Versus The Behaviorist Approach. Journal of Marketing Management 12 (5): 417-436.

Engel, J.F, Blacwell, R.D, Miniard, P.W. 1994. Perilaku Konsumen Edisi keenam jilid II terjemahan oleh Budijayanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand. A, 2000. Structural Equation Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Semarang. Indonesia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaraqn. Jilid 2. Jakarta ; PT. Indeks.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management : The Millenium edition. Engelwoods Cliffs, New Jersey : Prentice-Hall Inc

Kotler, Philip & Garry Amstrong. 1996, Dasar-Dasar Pemasaran (Principles of Marketing, Prentice Hall Inc. Khoe Yaou Tung,1997, “Relationship Marketing Strategi Kemampulabaan jangka panjang,â€Usahawan. No.03Th.XXV,Maret,1997.

Kotler, P. dan G. Amstrong (1997). Analysis, Planning, Implementation and Control. Ninth Edition, Prentice. Hall International Inc, New Jersey.

Kotler, P. dan G. Amstrong (2001). Dasar-Dasar Pemasaran. Ed. 9. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

Malhotra, N.K, 2004, Marketing Research: An Applied Orientation, New Jersey, Pearson Education.

Manullang, Ida, 2008, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan PT. Garuda, USU e-Repository, Medan.

Mital, Vikas, William T.Ross and Patrick M.Baldasare. 1998. “The Asymetric Impact of Negative and Positive AttributeLevel Performance on Overall Satisfaction and Repurchase Intentions,†Journal of Marketing, vol. 62.

Morgan, Robert M & Hunt, ShelbyD. 1994. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketingâ€, Journal of Marketing.

Oliver,RL,1999,“A Cognitive Model of The Antecedents and Consequences of Satisfactions Decisions,†Journal of Marketing Research,vol.17,No.4, November,p.460-469.

Oliver, dkk. 2007. Consumen Behavior, An Asia Pasific Approach, Nelson Australia Pty Limited, Australia.

Parasuraman, A. 1997. “Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value, â€Journal of The Academy of Marketing Science, vol.25.

Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty,†European Journal of Marketing27(9),19-35.

Sekaran, 2003, Research Method For Bussiness: A Skill Bulding Approach. New York: John Wiley & Son.Inc.

Sekaran, Uma. 2006. Research Method For Business. Salemba Empat. Jakarta.

Simamora, B. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, M., & Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.

Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Lyberty.

Supianto J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian administrasi. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v2i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â