KEBIJAKAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN LUBUK TAMPURUNG DIKELURAHAN KURANJI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Helmawati Helmawati

Abstract


The only tourism attraction with waterfall based located closest to the center of Padang city administration.isPemandianLubukTampuruang. This attraction is still natural, had not been built and managed by local government as well as the private sector in the Belimbing sub district, The district of Belimbing, Padang,West Sumatra province. Therefore, the purpose of this study is to formulate appropriate policies to be applied in the development of tourism attractions that can improve Micro, Small, Medium EnterpriseS (UMKM) in the area. This research employed SWOT analysis, by analyzing the strengths and weaknesses (internal), opportunities and threats (external) in the tourism object Pemandian LubukTampuruang. The data used are primary data and secondary data. Based on this research, its main strength is that it is the only waterfall tourist attraction in the city that is easy to be reached, while the weakness is inadequate infrastructure.The opportunitiesof this attraction is it has the potential to be a good quality tourism attraction while the threats to be anticipated is a sudden natural disaster that would have a negative impact and impede the development of the attraction. Suggested strategy in developing Pemandian LubukTampuruang Baths is SO strategy (Strengths Opportunitis) which is a strategy to maximize the existing strengths in the location to seize opportunities that will make this attraction even better than before.


Full Text:

PDF

References


Anonymous,BPS Kabupaten Solok, 2015. Kota Padang dalam Angka: Kota Padang.

Arikunto, Suharsimi., 2002. Metodologi Penelitian. PT.Rineka Cipta: Jakarta.

Bismark Pasaribu. 2010. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Mancanegara Mengunjungi Objek Wisata Pantai Kuta. Jurnal Ekonomi Nomor 3 Volume 2. Universitas Indonesia, Jakarta

Budi Badrudin, 2001, Menggali Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) DIY Melalui Pengembangan Industri Pariwisata, Jurnal Kompak, No. 3, September 2001, hal 384-403.

Djijiono. 2002. Valuasi Ekonomi Menggunakan Metode Travel Cost Taman Wisata Hutan di Taman Wan Abdul Rachman Propinsi Lampung. Makalah Pengantar Falsafah Sains, 1-20, Institut Pertanian Bogor.

Fathoni, Abdurrahmat., 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta: Jakarta.

Fitriyani, Hanifa., 2014. Strategi Pengembangan Desa Wisata Talun Melalui Model Pemberdayaan Masyarakat. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang: Semarang.

Fretes, Richard A. de. Dkk., 2013. Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan Qspm (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Fakultas Teknik Universitas Brawijaya: Malang.

Hermansyah Soni. 2012. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Untuk Mengunjungi Objek Wisata Kawah Ijo. Jurnal Ilmu Ekonomi Nomor 1 Volume 1 Universitas Brawijaya, Malang

Hidayat Wahyu. 2011. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata di Taman Nasional Way Kambas Propinsi Lampung. Artikel Pariwisata

Huda, Nurul., 2007. Teknik Perencanaan Pembangunan. Bung Hatta University Press: Padang.

Kotler Philips dan Keller Lane Kevin. 2010. Marketing 13th. Prienticehall, Pearson

Maryam, Selvia., 2011. Pendekatan SWOT dalam Pengembangan Objek Wisata kampoeng Djowo Sekatul Kabupaten Kendal. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang.

Muhammad, Tahwin. 2003. Pengembangan Obyek Wisata Sebagai Sebuah Industri Studi Kasus Kabupaten Rembang, Jurnal Gemawisata, Vol. 1, No.3/November 2003, hal 236-249.

Mustikasari Rahma. 2010. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Alam di Purwokerto. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume 2 Nomor 2, Universitas Brawijaya, Malang.

Nugraha, Kristian Suhartadi Widi. 2013. Strategi Pengembangan Wisata Agro Wonosari. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.

Pitana, I G, Gayatri., 2005. Sosiologi Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta: Yogyakarta.

Pradikta, Angga., 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunung Rowo Indah dalam Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Poor, P. Joan. dan Smith, Jamie M. 2004. Travel Cost Analysis pf a Cultural Heritage.

Putra, Kadek Dwi Cahaya. 2008. Strategi Public Realitions Pariwisata. Politeknik Negeri Bali.

Rangkuti, Freddy., 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Utama: Jakarta.

Ronaldo dan Ichwan Mohamad. 2012. Pengaruh Pelayanan, Keamanan dan Faktor Sosial Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Alam di Kepulauan Riau. Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Riau. Pekanbaru.

Salah Wahab, 1989. Manajemen Kepariwisataan, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Sekaran, Uma., 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat: Jakarta.

Soebagyo, 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jakarta Selatan: Jurnal Liquidity Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila.

Spillane, J.J. (1987). Pariwisata Indonesia Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Suwantoro, Gamal., 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Andi Publishing: Yogyakarta.

Syahadat Epi. 2013. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Tama Nasional Gede Pangrago (TNGP). Jurnal Ekonomi Nomor 2 Volume 2 Universutas Dipenegoro, Semarang.

Syahrudin Ilham. 2010. Pengantar Ekonomi Makro. Salemba Empat, Jakarta.

Tambunan, Tulus., 2001. Transformasi Ekonomi di Indonesia : Teori dan Penemuan Empiris, Edisi Pertama, Salemba Empat; Jakarta.

Tjipton Fandi, Rangkuti Fredy, Sitinjak Tony dan Darmadi Durianto. 2010. Manajemen Strategic. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro, Semarang

Triska dkk., 2014. Analisis Pengembangan Objek Wisata Istana Basa Pagaruyung Di Kabupaten Tanah Datar, Vol 4 No 3

http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFEK&page=article&op=view&path[]=2566) di unduh tanggal 22 September 2015.

Umar, Husein., 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Unga, Kartini La Ode. Dkk., 2011. Strategi Pengembangan Kawana Wisata Kepulauan Banda.

Yoeti, Oka A., 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, informasi dan implementasi. Kompas: Jakarta.

www.kompas.com, Tahun ini Banyak Turis Asing “Buang Uang†di Indonesia, Kompas November 2011.

www.kompas.com. Turis Mancanegara Diprediksi Meningkat 30 Persen, Desember 2011.

www.wikipedia.com




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v5i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â