Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi dan disiplin tenaga pendidik berpengaruh terhadap kepuasan kerja di SMP Negeri 2 Pasaman, yang berjumlah 43 orang. Karena populasinya di bawah 100 orang maka teknik penarikan sampel yaitu sampel jenuh artinya seluruh populasi dijadikan sampel, maka jumlah sampel 43 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.00. hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Dan dijelaskan bahwa variabel kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik dengan koefisien regresi 8,569 dengan nilai signifikan 0,000 (< 0,05). Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik dengan nilai koefisien regresi 4,695 dengan nilai signifikan 0,000 (< 0,05). Kompetensi dan Disiplin kerja secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien regresi 158,201 dengan nilai signifikan 0,000 (< 0,05). Nilai R² menunjukkan 88,8% dan yang sisanya sebesar 11,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. |
Kata Kunci : Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin, Kepuasan Kerja. |
This research was conducted at State Yunior High Scholl Number 2 West Pasaman. The purpose of this study was to determine the impact of teaching staff competence and discipline on job satisfaction at State Yunior High Scholl Number 2 West Pasaman, which numbered 43 people. Because the population is below 100 people, the sampling technique is saturated samples meaning that the entire population is sampled, then the total sample are 43 people. The data collection methods used were questionnaires and interviews. Data analysis method used is descriptive analysis and multiple linear regression using 16.00.The result of this study indicate a relationship between the independent variables and the dependent variable. It can be explained that competence has positive and significant impact on job satisfaction with regression coefficient of 8,569 and significant rate 0,000 (< 0,05). Discipline has positive and significant impact on job satisfaction with regression coefficient of 4,695 and significant rate 0,000 (< 0,05). Competence and discipline simultaneously have positive and significant impact on job satisfaction with regression coefficient value of 158,201 and significant rate of 0,000 (<0,05). The value of R 2 indicates 88,8% and the remaining 11,2% is affected by other variables. |
Keywords : Keywords: Competence, Discipline, Job Satisfaction. |
dikirim pada : 2020-09-01 06:32:42 |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja pegawai badan penanggulangan bencana daerah pasaman barat (BPBD). Adapun variabel yang dihubungkan dalam penelitian ini adalah variabel motivasi (X1), lingkungan kerja (X2) produktivitas kerja pegawai (Y). Metode yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 Sampel yang digunakan 54 responden menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai karena nilai t hitung -2. 141 dengan signifikansi 0.037 < 0.05. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai karena nilai t hitung 7.975 dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Motivasi dan lingkungan kerja secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai karena nilai F 33,016 dengan nilai signifikansi yang dihasilkan 0.000 < 0.05. Pada Analisis koefisien determinasi nilai Adjusted R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0.547 artinya bahwa besarnya kontribusi motivasi dan lingkungan kerja terhadap variabel produktivitas kerja pegawai adalah 54,7% dan sisanya sebesar 45,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam pengujian ini. |
Kata Kunci : Motivasi, Lingkungan kerja, Produktivitas kerja pegawai |
The purpose of this study was to determine the impact of motivation and work environment on work productivity of West Pasaman Regional Disaster Management Agency. The variables connected to this study are motivation (X1), work environment (X2) work productivity (Y). The method used is multiple linear regression analysis. Testing was carried out by using SPSS 16.0. The sample used 54 respondents using the Slovin formula. Based on the results of the partial test (t test), it can be concluded that motivation has significant impact on work productivity because the t value is -2. 141 with significance of 0.037 <0.05. The work environment has significant impact on work productivity because the t value is 7.975 with significance of 0.000 <0.05. Motivation and work environment simultaneously have significant impact on work productivity because the F value is 33.016 with significance value of 0.000 <0.05. In the analysis of the coefficient determination, the adjusted of R-Square value obtained is 0.547, it means that the contribution of motivation and work environment to work productivity variable is 54.7% and the remaining 45.3% is affected by other variables which are not included in this test. |
Keywords : Motivation, Work environment, work productivity |
dikirim pada : 2020-09-01 04:45:50 |
Loyalitas adalah sikap atau prilaku konsumen yang selalu membeli produk atau jasa secara terus menerus dan setia pada produk atau jasa dan tidak akan beralih ke produk lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pasien klinik pratama Dr.H.Agung Mulia Simpang Empat-Pasaman Barat, dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji t kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 4,503 dan nilai signifikan sebesar 0.000 (<0.05). sedangkan kepuasan berpengaruh negative dan tidak signifikan dengan nilai -1,461 dan nilai Signifikan sebesar 0.147 (>0.05). pada hasil uji F sebesar 11,888 dengan nilai signifikan 0.000 dapat dikatakan bahwa model regresi yang ada sudah baik dan layak digunakan dalam penelitian ini. Artinya bahwa variabel kepercayaan dan kepuasan secara bersama-sama mampu menjelaskan secara signifikan variabel loyalitas pasien. Nilai koefisien determinasi sebesar 19,7%, sedangkan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan loyalitas pasien klinik pratama dokter agung mulia simpang empat, dapat dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pasien. |
Kata Kunci : Loyalitas Pasien, Kepercayaan, Kepuasan |
Loyalty is the attitude or behavior of costumers who always buy products or services continuously and are loyal to the product or service and will not switch to other products. This study aims to analyse the impact of trust and satisfaction on patient loyalty at Pratama Clinic Dokter Agung Mulia MARS Simpang Empat, with a total sample size of 100 respondents. Hypothesis testing used is multiple linier regression analysis. Based on the result of the t test, trust has positive and significant impact with a value of 4.503 and significant rate of 0.000 (<0.05). While, satisfaction has negative and insignificant impact with value of 1.461 and significant rate of 0.147 (>0.05) on the F test results of 11.888 with significant rate of 0.000, it can be said that the existing regression model is good and feasible to use in this study. It means that the variables of trust and satisfaction together are able to significantly explain the variable patient loyalty. The coefficient of determination is 19.7%. While, the remaining 80.3% is affected by other variables. The implication of the results of this study is to increase patient loyalty at Pratama Clinic Dokter Agung Mulia MARS Simpang Empat, by increasing the patient’s trust and satisfaction. |
Keywords : Trust, Satisfaction, Patient Loyalty |
dikirim pada : 2020-08-31 04:14:12 |
Penelitian ini dilakukan pada nasabah bank nagari simpang empat pasaman barat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank nagari simpang empat, 2) Pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah bank nagari simpang empat dan 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kupuasan nasabah bank nagari simpang empat pasaman barat dan penarikan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling yaitu penarikan sampel tampa sengaja, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil analisa regresi berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah bank nagari simpang empat pasaman barat dengan koefisien 0,491 dan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan kepercayaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah bank nagari simpang empat pasaman barat dengan koefisien 0,670 dan nilai signifikansi 0,000. Selanjutnya secara simultan kedua variabel menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan nasabah bank nagari simpang empat kabupaten pasaman barat, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah. |
Kata Kunci : Kata Kunci : Kepuasan nasabah, Kualitas pelayanan, Kepercayaan. |
This research was conducted in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman, this study aims to find out : 1) The impact of service quality on customer satisfaction in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman, 2) The impact of trust on customer satisfaction in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman, 3) The impact of service quality and trust on customer satisfaction in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman and sample withdrawal using accidental sampling technique that is accidentally withdrawing the sample, the sample in this research amounted to 100 respondents. The result of the multiple regression analysis showed that service quality has positive and significant impact on customer satisfaction in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman with coefficient of 0,491 and significant rate of 0,000 while trust also has positive and significance impact on customer satisfaction in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman with coofficient of 0,670 and significant rate of 0,000. Furthermore, both variables simultaneously show positive and significant impact with significant rate of 0,000. The result of the study recommend that to increase customer satisfaction in in Bank Nagari Simpang Empat West Pasaman, it can be done by improving customer service quality and trust. |
Keywords : service quality, trustand Customer satisfaction |
dikirim pada : 2020-09-06 05:59:03 |