Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina (studi kasus pada toko Marin Shop Lubuk Sikaping) dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel Purposive Sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis data responden dengan bantuan program SPSS. Dalam penelitian ini, pengujian pernyataan dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji linearitas, uji heteroskedasitisitas, uji mulkolinearitas. Pengujian analisis regresi berganda menunjukan hasil bahwa masing-masing variabel penelitian yang digunakan didalam penelitian ini memiliki koefisien regresi yang dapat dibuat kedalam sebuah persamaan regresi berganda sebagai berikut Y=21,821+0,058X1+0,433X2+e. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk dan harga memiliki hubungan yang positif dengan keputusan pembelian. Hasil dari uji hipotesis secara parsial didapat hasil bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti dengan nilai signifikan sebesar 0,331 > 0,05 dan variabel harga didapat hasil berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,256 hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. |
This study was conducted with the aim of knowing how much influence quality and price have on purchasing decisions for Emina cosmetic products (case study at Marin Shop Lubuk Sikaping) with a total sample of 65 people. The sampling technique used was Purposive Sampling. Using respondent data analysis with the help of the SPSS program. In this study, statement testing was carried out using validity, unreliability, descriptive analysis tests and classical assumption tests consisting of linearity tests, heteroscedasticity tests, multicollinearity tests. Multiple regression analysis tests showed that each research varable used in this study has a regression coefficient that can be made into a multiple regression equation as follows Y= 21.821+0.058X1+0.433X2+e so it can be concluded that the product quality and price variables have positive relationship with purchasing decisions. The results of the partial hypothesis test showed that product quality had no significant effect on purchasing decisions, as evidenced by a significant value of 0.331 > 0.05 and the price variable obtained a significant effect on purchasing decisions as evidenced by a significant value of 0.000 < 0.05. Simultaneously product quality and price have a significant effect on purchasing decisions as evidenced by a significant value of 0.000 < 0,05. While the results of the coefficient of determination test (R2) obtained a coefficient value of 0.256, this indicates that product quality and price affect purchasing decisions, the rest is influenced by other variables. |