THE IMPACT OF VIRAL MARKETING ON CONSUMER INTEREST ON INDIHOME PRODUCT

Yani Restiani Widjaja, Ruth Alexandra

Abstract


This study aims to determine the impact of viral marketing on consumer buying interest of Indihome as one of the products of PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung. Every company must try to set the best marketing strategy to win the competition in the business, including marketing a product through social media. Indihome is one of the products marketed using the viral marketing method, which uses Instagram social media. This research method uses quantitative methods with data collection techniques through questionnaires to 60 respondents and uses descriptive analysis and verification approaches. The results showed that Viral Marketing had a significant effect on Consumer Buying Interests.

Keywords: Viral Marketing, Consumer Buying Interest

References


REFERENSI

Alamsyah, Doni Purnama. 2018. Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Produk Ramah Lingkungan Melalui Dukungan Lokasi Konsumen. Universitas BSI Bandung

Farochi, C. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli INDIHOME PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk Cabang Gegerkalong Bandung The Influence of Brand Equity to IndiHome Willingness to Buy PT . Telekomunikasi Indonesia , Tbk . Gegerkalong Branch Band, 3(2), 550–557.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Hadiyati, Ernani. 2010.

Glennardo, Yoshua. Viral Marketing Sebagai Media Pemasaran Sosial Dalam Mendongkrak Kesadaran Masyarakat Untuk Berperan Aktif dan Bergabung Dengan Organisasi Non Profit Profit/Niar Laba. Universitas Ma Chung

Helm, S. 2000. Viral Marketing-Establishing Customer Relathionship by ‘Word of Mouse’. Electronic. Markets. 10 (3), pp. 158-161.

Ho, J. Y. C. & Dempsey, M. 2009. Viral Marketing: Motivations to Forward Online Content. Journal of Business Research, 63, 1000-1006.

Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei. 2012. The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention An empirical study in the automobile industry in Iran. Jurnal. Iran: University of Isfahan.

Kaloka, Anglesti Sari Kondang. 2016. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @MAKANANJEMBER.

Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid Kedua. Jakarta: Prenhallindo.

Kusuma, Bhima Herbrian. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Pembentukan Minat Beli (Studi Kasus pada Coffee Groove Semarang).

La Moriansyah. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. Universitas Indonesia Bandung

Miliza Ghazali, Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram : Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, (Malaysia: Publishing House, 2016), Hal. 8

Nurlaela Tresna Siti. 2013. Efek tifitas Viral marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. ABC. Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama.

Nurkhayati, Isnaini. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Honda BEAT Di Kota Semarang). Jurnal. Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

Phelps, J.E., Lewis, R., Mobilo, L., Perry, D. and Raman, N. (2004), “Viral marketing or electronic word-of-mouth advertising: examining consumer responses and motivations to pass along emailâ€, Journal of Advertising Research, December, pp. 333-348.

Powers, T., Advincula, D., Austin M, Graiko S., & Snyder, J. 2012. Digital and Social Media in The Purchase Decision Process. Journal of Advertising Research

Pradana Mahir, Reventiary Avian. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia. Universitas Telkom.

Purba Suria Rikki. 2016. Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Line Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Telkom University Pada Tahun 2016).

Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L, 2007. Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Serliana Novita ,Widjaja Yani Restiani. 2016. Pengaruh Harga Pokok Produksi terhadap Penetapan Harga Jual Produk T-Shirt pada CV Triharma Persada Bandung.

Ambarwati, Miki, Sunarti, dan M. K. Ma. (2015). ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent ). Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1–7.

Sugiyono, 2007, Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Sugiyono, Wibowo E. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Sukardi dan Gay. 2004

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulaeman, Asep. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Cakrawa;a Citramega. ISSN:2339-0689. Pamulang: Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 5, No.1, Januari 2018: 1-17.

Sulistyo, Putro Bagus. 2015. Analisis Pengaruh Viral Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Twitter @Jemberbanget).

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung:Penerbit Remaja Rosdakarya.

Williams, D,L., Crittenden, V,L., Keo, T., & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia/

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_

https://www.telkom.co.id

https://indihome.co.id




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â