THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY, ADVERTISING AND CUSTOMER SATISFACTION ON SMARTPHONE BRAND SWITCHING (CASE STUDY OF STIE PASAMAN STUDENTS)

Eko Putra

Abstract


Kemunculan berbagai macam produk yang sejenis dengan merek yang berbeda berpotensi mendorong keinginan konsumen untuk mencoba sesuatu yang baru. Timbulnya rasa ingin tahu konsumen terhadap suatu produk baru dan diharapkan produk tersebut lebih baik dari produk sebelumnya mendorong konsumen untuk melakukan perpindahan merek. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas produk, iklan dan kepuasan konsumen terhadap perpindaan merek smartphone. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh secara simultan antara kualitas produk, iklan dan kepuasan konsumen terhadap perpindaan merek smartphone. Hasil penelitian ini adalah 1) Secara parsial untuk variabel kualitas produk dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada mahasiswa STIE Pasaman. 2) Secara parsial untuk variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perpindahan merek pada mahasiswa STIE Pasaman. 3) Secara simultan kualitas produk, iklan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek Smartphone pada mahasiswa STIE Pasaman. 4) Kontribusi pengaruh kualitas produk, iklan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek adalah sebesar 51,2% dan 48,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Kata Kunci : kualitas produk, iklan, kepuasan konsumen dan perpindahan merek

References


Acharya, Aditi and Dr. Gupta O. P. 2014.Influence of Peer Pressure On Brand Switching Among Indian College Students. International Journal of Current Research.Vol. 6, Issue. 02,

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Budhi dan ida, 2016. “ Analisis Perpindahan Merek Melalui harga, iklan dan keidakpuasan konsumen†Management Analysis Journal 5. Universitas Negeri Semarang.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Collin, P.H dan Ivanovic A. (2003). Dictionary Of Marketing. Third Edition. Bloomsbury Publishing Plc. United States Of America.

Damayanti, C. & Wahyono. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Vol 4, No 3

Hermawan Kartajaya.2010. Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta : Esesnsi Erlangga Group.

Irawan, Andry, dkk. 2010. “Pengaruh Kualitas Fitur, Desain, Iklan, Kepuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keinginan Berpindah Merek Handpone (Survai Pada Pengguna Handphone Di Kota Purwokerto)â€, PERFORMANCE: Vol. 11 No.1 Maret 2010 (p.83-106).

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga

kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Loprang, Jilly Vanessi. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Perpindahan Merek Mie Instan (Studi pada Mahasiswa di Kota Manado).†Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 4, 2015

Peter, Paul dan Jerry C. Olson (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition. New York: McGraw Hill.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.

Sandra Moriarty, dkk. 2011. ADVERTISING. Jakarta: KENCANA.

Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya

Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v6i3.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by:

 

        Â